nusabali

Kwarcab Pramuka Karangasem Gelar Rakercab

  • www.nusabali.com-kwarcab-pramuka-karangasem-gelar-rakercab

AMLAPURA, NusaBali
Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Karangasem menggelar rapat kerja cabang (Rakercab) di SMPN 1 Bebandem, Banjar/Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Sabtu (11/12).

Rakercab ini untuk memantapkan pemilihan Ketua Kwarcab Karangasem yang masa bhaktinya berakhir Mei 2022. Musyawarah Cabang (Muscab) rencananya digelar pada Maret 2022.

Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Karangasem, Ida Bagus Nyoman Japa, mengungkapkan saat Rakercab muncul tiga nama sebagai panitia Muscab. Ketiga tokoh itu yakni I Wayan Darma (Wakil Ketua Bidang Organisasi Kwarcab Karangasem), Ni Wayan Parwati (Ketua Bina Dewasa Kwarcab Karangasem), dan I Putu Sutirta (Sekretaris Kwartir Ranting Kecamatan Abang). “Mereka bertiga bertugas membentuk kepanitiaan. Setelah terbentuk panitia, mereka akan audiensi ke Bupati Karangasem untuk menyampaikan rencana menggelar Muscab Pramuka,” jelas Ida Bagus Nyoman Japa.

Ida Bagus Nyoman Japa menerangkan, masa bhakti Ketua Kwarcab Karangasem I Gusti Ngurah Kartika akan berakhir Mei 2022. Sesuai tata tertib Muscab Pramuka, yang punya hak suara adalah kwartir ranting di delapan kecamatan. “Kwartir ranting akan mengajukan calon,” jelas pengawas SMP negeri di Karangasem ini. Sekretaris Kwarcab Karangasem I Wayan Sarya mengingatkan kepada seluruh Ketua Kwartir Ranting se-Karangasem agar mengajukan figur yang kompeten di bidang kepramukaan.

“Ketua Kwarcab sebagai pembina Pramuka di Karangasem, mesti berkompeten di bidang kepramukaan,” ungkap Wayan Sarya.

Hasil evaluasi, kelemahan di lembaga Pramuka terutama di gugus depan dan kwartir ranting adalah administrasi. Pramuka wajib masuk link nasional untuk dapat pelayanan. Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) di tingkat satuan pendidikan saat perayaan HUT Pramuka wajib mengibarkan bendera Pramuka, selama ini jarang dilakukan. Penting menambah KMD (kursus mahir dasar) dan KML (kursus mahir lanjutan). Ketua Bina Dewasa Pramuka Ni Wayan Parwati bersinergi dengan I Wayan Darma dan I Putu Sutirta mengaku siap membentuk struktur kepanitiaan. “Kami di organisasi telah terbiasa membentuk kepanitiaan jelang Muscab Pramuka,” jelas Parwati yang juga Kamabigus Gudep SMPN 1 Bebandem. *k16

Komentar