nusabali

Bupati Suwirta Resmikan Jalan Usaha Tani

Tingkatan Produktivitas dan Kesejahteraan Petani

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-resmikan-jalan-usaha-tani

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meresmikan sejumlah Jalan Usaha Tani (JUT) di Kantor Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Jumat (10/12).

Kegiatan itu setelah penyelesaian pembangunan JUT Tahun Anggaran 2021 di sejumlah tempat di Kecamatan Banjarangkan. Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Suwirta, didampingi Kepala Dinas Pertanian Klungkung IB Juanida, dan Perbekel Desa Aan I Wayan Wira Adnyana, serta krama subak setempat.

JUT yang diresmikan pembangunannya menggunakan dana Dana Alokasi Khusus (DAK), yakni di Subak Dlod Bakas sepanjang 1.270 meter bernilai Rp 254.000.000, Subak Aan Dauh Desa sepanjang 1 km dengan nilai Rp 200 juta.

Subak Penasan sepanjang 900 meter senilai Rp 180 juta, dan Subak Takmung sepanjang 1.200 meter dengan nilai Rp 240 juta. Sedangkan, JUT di Subak Timuhun panjang 302 meter senilai Rp 105 juta dibangun dengan dana APBD Klungkung.

"Selamat karena pembangunan JUT telah selesai dan telah diresmikan. Mudah mudahan sarana infrastruktur ini dapat memberikan manfaat peningkatan produksi dan kesejahteraan kepada petani. Mohon dirawat dengan baik karena uang pembangunannya tidak didapatkan dengan mudah," ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta mengingatkan kepada desa maupun OPD untuk mempercepat serapan anggaran dan kegiatan fisik di awal tahun. "Sehingga kegiatan di akhir tahun akan lebih sedikit," ujar Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Pertanian Klungkung IB Juanida mengatakan pembangunan JUT berupa akses infrastruktur untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Dengan JUT, akses jangkauan petani untuk mendistribusikan hasil pertanian mereka juga semakin mudah. "Jalan pertanian akan memutus biaya produksi yang besar dan memberi banyak manfaat untuk petani," ujar Juanida. Usai peresmian, Bupati Suwirta meninjau salah satu JUT di Desa Aan. *wan

Komentar