nusabali

Ny Candrawati Tamba Dampingi Ny Putri Koster Berbagi di Jembrana

  • www.nusabali.com-ny-candrawati-tamba-dampingi-ny-putri-koster-berbagi-di-jembrana

NEGARA, NusaBali
Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster melaksanakan aksi sosial ‘Menyapa dan Berbagi’ dengan masyarakat Jembrana.

Kedatangannya ke Gumi Makepung disambut Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Ny Candrawati Tamba bersama Bupati I Nengah Tamba, di wantilan Kantor Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya, Selasa (2/11). ‘Menyapa dan Berbagi’ merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara estafet di seluruh kabupaten/kota se-Bali.

Kesempatan bertatap muka dengan masyarakat itu juga dimanfaatkan Ny Putri Suastini Koster untuk memberi edukasi kepada para ibu rumah tangga dan kader PKK sebagai garda terdepan keluarga. Pesannya, untuk menghasilkan generasi yang cerdas dan sehat harus dimulai sejak mengandung hingga anak tumbuh remaja.

“Sejak hamil seorang ibu agar selalu menjaga kandungannya. Mulai dengan menjaga pola makan hingga pola tidur melalui konsumsi makanan bergizi dan menghindari makanan junk food, serta istirahat yang cukup guna mencegah terjadinya stunting. Dan juga ingat, selalu jaga kondisi dengan penerapan protokol kesehatan (prokes), karena sekarang masih dalam situasi pandemi,” ujar Ny Putri Koster.

Ditambahkan Ny Putri Koster, acara aksi sosial ini merupakan kegiatan yang sengaja dirancang dengan menggeser beberapa kegiatan yang dianggap kurang relevan dengan situasi pada saat ini, untuk menjadi kegiatan yang lebih bermanfaat dan lebih banyak menyentuh kepentingan masyarakat yang paling bawah, yang terdampak pandemi Covid-19, terlebih lagi menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Ny Candrawati Tamba menyampaikan terima kasih atas perhatian Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Koster yang terus memberikan perhatian kepada masyarakat Jembrana. “Bantuan sosial ini adalah wujud kepedulian TP PKK provinsi, kabupaten, OPD terkait, dan lintas sektor dalam meringankan beban masyarakat Jembrana,” ucapnya.

Ny Candrawati Tamba juga berharap dengan bantuan yang disalurkan ini, balita yang semula gizi buruk menjadi gizi baik. Selain itu tumbuh kembang balita menjadi optimal, serta bagi ibu hamil yang kekurangan energi kronis dapat memenuhi asupan energi dari makanan yang sehat dan bernutrisi. “Bagi kader kurang mampu, lansia, dan penyandang disabilitas semoga dapat meringankan beban kehidupan. Sehingga selalu sehat dan bahagia,” ucap Ny Candrawati Tamba.

Adapun sasaran penerima bantuan kegiatan aksi sosial PKK Provinsi Bali ‘Menyapa dan Berbagi’ pada setiap kabupaten/kota se-Bali menyasar sebanyak 120 orang penerima bantuan. Dengan rincian bantuan kepada 10 balita gizi buruk atau gizi kurang, 20 orang ibu hamil kekurangan energi kronis (KEK),  20 orang lansia, 20 orang  penyandang disabilitas, dan 50 orang kader PKK kurang mampu. Bantuan yang diberikan bervariasi sesuai kebutuhan masing-masing. Seperti ada bantuan kursi roda bagi penyandang disabilitas, susu dan makanan tambahan bagi ibu hamil KEK dan balita gizi buruk atau gizi kurang. Selain itu, juga diserahkan 25 kilogram beras kepada masing-masing penerima bantuan.

Secara umum kegiatan ini dilaksanakan pada 1–7 November 2021 dengan total bantuan 3 ton beras untuk 120 penerima (masing-masing 25 kg per orang) dan 30 kaleng susu untuk 10 penerima.

Diingatkan kembali bahwa TP PKK adalah sebuah gerakan secara sukarela, tulus, dan lurus melaksanakan pengabdian kepada bangsa dan negara dalam membantu pemerintah dan ikut serta mensejahterakan masyarakat melalui gerakan PKK di desa/kelurahan untuk mewujudkan Nangun Sat Kerthi Loka Bali, yaitu menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya untuk mewujudkan kehidupan krama dan gumi Bali yang sejahtera dan bahagia sekala niskala. Berkaitan dengan hal tersebut dan PKK Provinsi Bali sebagai mitra kerja pemerintah, juga melakukan kegiatan-kegiatan sosialisasi di radio maupun televisi dengan tujuan mensosialisasikan berbagai kebijakan pemerintah untuk mendukung terwujudnya Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang berkaitan dengan pelaksanaan 10 program pokok PKK. *ode

Komentar