nusabali

Ruko Terbakar, Gudang Elpiji Selamat

  • www.nusabali.com-ruko-terbakar-gudang-elpiji-selamat

AMLAPURA, NusaBali
Ruko milik I Wayan Sukanta, 45, di Banjar Penggak Sajeng, Desa Labasari, Kecamatan Abang, Karangasem terbakar, Sabtu (23/10) sekitar pukul 21.54 Wita.

Ruko ini jadi satu kompleks dengan gudang elpiji. Beruntung petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) gerak cepat sehingga gudang elpiji selamat dari amukan api. Petugas menghabiskan 5.000 liter air untuk padamkan kebakaran.

Pemadaman kebakaran dipimpin Kasi Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Putu Darma Kartika. Petugas Damkar turun ke lokasi setelah menerima laporan kebakaran dari warga setempat, I Wayan Sukari. Laporan diterima petugas jaga I Nengah Suderesna. Sebanyak 13 personel dari regu I meluncur menuju TKP kebakaran. Ruko yang terbakar ukuran 5 meter x 6 meter terbakar. Setiba di lokasi kejadian, petugas langsung memadamkan api hingga pendinginan. Hanya satu ruko yang terbakar, di sebelahnya ada 3 ruko, satu gudang elpiji, dan tempat tinggal. Gudang yang bersebelahan itu menyimpan elpiji sehingga penyelamatan utama adalah memadamkan api agar kobaran api tidak menjalar ke ruko dan gudang elpiji.

Darma Kartika mengungkapkan, upaya mitigasi sangat penting untuk mengurangi risiko bencana. Sehingga kebakaran tidak meluas ke bangunan di sebelahnya. Pemilik ruko I Wayan Sukanta mengaku mengalami kerugian sekitar Rp 50 juta. Penyebab kebakaran belum diketahui. “Hanya barang-barang di dalam ruko yang terbakar, kerugian sekitar Rp 50 juta,” ungkap Sukanta. Pemadaman kebakaran dipantau Kadis Pemadam Kebakaran Karangasem I Nyoman Siki Ngurah, staf Desa Labasari, anggota Polsek Abang, Koramil Abang, staf Kecamatan Abang, dan warga setempat. *k16

Komentar