nusabali

Wabup Ipat Berharap Wisudawan Poltek KP Kembangkan Perikanan Jembrana

  • www.nusabali.com-wabup-ipat-berharap-wisudawan-poltek-kp-kembangkan-perikanan-jembrana

NEGARA, NusaBali
Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana (Ipat) hadir secara virtual wisuda 68 taruna-taruni Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Jembrana Angkatan II Tahun Akademik 2020/2021, dari Executive Room Kantor Bupati Jembrana, Rabu (25/8).

Wabup Ipat berharap para alumni, terutama putra-putri Jembrana, berperan serta mengembangkan potensi perikanan di Gumi Makepung. Prosesi wisuda dilaksanakan di Poltek KP Jembrana, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara. Sementara orangtua wisudawan maupun undangan lainnya, menyaksikan proses wisuda secara virtual.

Wabup Ipat yang didampingi Sekda Jembrana I Made Budiasa serta Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikpora) Jembrana Ni Nengah Wartini, menyampaikan terima kasih atas kerja keras civitas akademika Poltek KP Jembrana di dunia pendidikan. Wabup Ipat berharap wisudawan berperan serta mengembangkan potensi perikanan di Jembrana. Seperti diketahui, Jembrana memiliki potensi perikanan yang cukup besar. Baik perikanan tangkap, perikanan budidaya, maupun pengolahan dan pemasaran hasil perikanan yang didukung oleh sumberdaya kelautan dan perikanan yang memadai.

“Melihat potensi perikanan dan kelautan yang cukup besar tersebut, haruslah diiringi dengan penyediaan SDM unggul yang memiliki integritas, terampil, dan profesional di bidangnya. Kita telah saksikan tadi, dari 68 taruna-taruni yang diwisuda, sebanyak 32 orang adalah putra-putri asal Jembrana. Itu sangat membanggakan. Ke depan, saya ingin lebih banyak lagi putra-putri Jembrana yang mengenyam pendidikan di Poltek KP Jembrana.  Ini menjadi investasi besar kita dalam mempersiapkan SDM-SDM unggul di Kabupaten Jembrana di bidang perikanan dan kelautan,” ucap Wabup Ipat.

Direktur Poltek KP Jembrana I Gusti Putu Gede Rumayasa mengatakan, Politeknik KP Jembrana menyelenggarakan program pendidikan vokasi di bidang kelautan dan perikanan. Pendidikan vokasi itu bertujuan agar lulusan mempunyai kompetensi, komitmen, dan mempunyai jiwa entrepreneurship sebagai bekal penting sehingga mampu bekerja dengan dilandasi oleh kejujuran, disiplin, berkomitmen, dan berhati nurani.

“Jumlah taruna taruni yang diwisuda kali ini sebanyak 68 orang. Terbagi dalam 3 prodi (program studi), yakni Perikanan Tangkap sejumlah 20 orang, Budidaya Perikanan 21 orang, dan Pengolahan Hasil Laut 27 orang,” ujarnya. *ode

Komentar