nusabali

Pemkab Bangli Anggarkan Rp 5,5 Miliar untuk PJU

  • www.nusabali.com-pemkab-bangli-anggarkan-rp-55-miliar-untuk-pju

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli alokasikan anggaran Rp 5,5 miliar untuk pengadaan penerangan jalan umum (PJU).

Desain PJU berisikan ukiran khas Bali dan maskot Kabupaten Bangli yakni bunga pucuk bang. Detail engineering design (DED) pemasangan tiang dan instalasi listrik sudah rampung. Dalam waktu dekat kegiatan ini sudah masuk tender di Unit Layanan Pengadaan.

Sekretaris Dinas Perhubungan Bangli, Nyoman Parbi mengatakan pengadaan JPU segera ditenderkan setelah disain rampung. Anggaran Rp 5,5 miliar untuk pemasangan PJU di 199 titik. Menurut pejabat asal Susut ini, tiang lampu sepanjang 8 meter berbahan galvanis, ornamen ukiran berupa maskot Bangli yakni bunga pucuk bang. Bola lampu jenis LED. “Tujuan utama untuk penerangan yang memiliki nilai estetik,” ungkap Nyoman Parbi didampingi Kabid Teknis Sarana dan Prasarana Anak Agung Gde Hartawan, Selasa (24/8).

Agung Hartawan menambahkan, pemasangan tiang dan lampu hias dari ujung selatan Banjar Petak, Kelurahan Bebalang dan ujung utara sampai Banjar Brahmana Bukit, Kelurahan Cempaga. Ujung barat sampai jembatan tukad Sangsang serta ujung timur sampai Banjar Griya, Kelurahan Kawan Bangli. Pemasangan tiang berikut lampu pada satu jalur yang sama dan dipasang tepat di batas trotoar sehingga tidak mengganggu pengguna jalan. “Jarak satu titik lampu sekitar 50 meter, instalasi listrik akan dipasang di dalam trotoar sehingga tidak kabel yang kelihatan,” jelas Agung Artawan.

Lampu penerangan jalan jenis mercury yang terpasang pada jalur utama akan dibongkar. Sebanyak 158 lampu mercury akan direlokasi di ruas jalan yang minim penerangan seperti di wilayah Kecamatan Susut dan Kecamatan Tembuku. “Kebutuhan lampu penerangan sebanyak 875 titik, sampai saat ini belum semua tercover. Selain mercury ada juga pemanfaatan PJU yang menggunakan panel surya di wilayah Kecamatan Kintamani,” papar Agung Artawan. *esa

Komentar