nusabali

Bule Aussie Pingsan Saat Surfing

  • www.nusabali.com-bule-aussie-pingsan-saat-surfing

MANGUPURA, NusaBali
Seorang wisatawan asal Australia, Raymond, 59, mendadak pingsan saat surfing (selancar) di Pantai Berawa, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Selasa (24/8) siang.

Untungnya korban yang diketahui telungkup di atas papan selancar, dilihat oleh peselancar lainnya di sekitar lokasi, sehingga segera mendapat pertolongan.  Koordinator Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Badung Marshello Lolot Aryafara, mengungkapkan saat diketahui pertama kali korban ditemukan dalam posisi telungkup pada papan selancar di tengah laut. Padahal sebelumnya korban berselancar di tengah deburan ombak.

Melihat Raymond lemas, para peselancar sekitar berusaha menolongnya.  Kejadian itu disampaikan kepada regu Balawista yang berjaga di pantai untuk segera menyelamatkan bule tersebut. Pada saat dievakuasi ke darat kondisinya lemas dan tak sadarkan diri.

“Awalnya korban pemain surfing. Tiba-tiba korban tak sadarkan diri saat berada di tengah laut. Kebetulan ada peselancar lain yang berada di dekat korban. Peselancar tersebut meminta bantuan kepada peselancar lainnya untuk menolong korban,” ungkap Marshello.

Saat di darat, petugas Balawista memberi napas buatan. Beberapa saat kemudian korban sadarkan diri. Meski demikian korban dalam kondisi lemas. Petugas Balawista kemudian mengevakuasi korban ke rumah sakit di Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Badung untuk mendapatkan pertolongan medis.

“Hingga sore ini (kemarin sore) saya tidak mengetahui perkembangan kondisi korban. Korban sedang menjalani perawatan di RS. Tidak diketahui mengapa korban tiba-tiba lemas saat main surfing tersebut,” tandas Marshello. *pol

Komentar