nusabali

Dana Stimulus Pedagang Pasar Blahbatuh Cair

  • www.nusabali.com-dana-stimulus-pedagang-pasar-blahbatuh-cair

GIANYAR, NusaBali
Pemkab Gianyar mencairkan dana stimulus kepada pedagang Pasar Blahbatuh, Desa/Kecamatan Blahbatuh, Gianyar.

Dana stimulus ini menyusul kebakaran yang meludeskan bangunan pasar dan barang dagangan para pedagang setemipat, Selasa (15/6). Pencairan stimulus itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra, di halaman belakang Kantor Bupati Gianyar, Kamis (12/8). Turut hadir, Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya, Ketua TP PKK Ny Surya Adnyani Mahayastra, unsur Kejari Gianyar, Kepala BPBD Gianyar, Ida Bagus Suamba, Kepala Disperindag Gianyar Luh Gede Eka Suary, dan sejumlah pejabat lainnya.

Kepala BPBD Gianyar Ida Bagus Suamba, sebelum menyerahkan bantuan itu, menyebutkan bantuan berupa dana ini ditransfer ke rekening masing-masing penerima. Pemilik toko menerima Rp 3 juta, pemlik kios/tempat los Rp 2 juta, dan pedagang pelataran Rp750.000. Total ada 411 pedagang dengan 563 tempat, terdiri dari 22 toko, 243 kios/los, dan 298 pelataran. Total dana yang disiapkan Rp 875,5 juta, bersumber dari APBD Gianyar 2021. "Antara jumlah pedagang dan jumlah tempat itu tidak sama. Karena ada satu pedagang memiliki lebih dari satu kios," ujarnya. Dana stimulus juga akan diberikan kepada pemilik rumah di samping pasar karena ikut jadi korban kebakaran. Per KK rumah dibantu Rp 100 juta. ‘’Rumah yang terbakar di sebelah selatan pasar, rencana dibantu Rp 100 juta. Karena yang terbakar rumah dan merajan," ujarnya.

Bupati Mahayastra menyampaikan bantuan stimulus ini sebagai bentuk perhatian Pemkab Gianyar kepada korban kebakaran pasar. Dia berharap pedagang dapat segera bangkit dan melanjutkan usahanya. Dalam kondisi yang mendadak seperti ini, semua harus bergerak cepat. Semua ini atas kerja sama semua pihak, yakni jajaran Pemkab Gianyar, aparat kepolisian dan TNI, bendesa, perbekel, dan Puri Blahbatuh.

Pasar Blahbatuh terbakar Selasa, 15 Juni 2021. Musibah tersebut menghancurkan seluruh bangunan pasar dan kios pedagang. Saat ini para pedagang berjualan bersebaran, yakni di sebelah barat Pasar Yadnya Blahbatuh, depan Puri Blahbatuh, dan di sekitarnya. Tempat relokasi sudah disiapkan bersebelahan dengan Pasar Yadnya Blahbatuh, saat ini sedang tahap pengerjaan, dalam waktu dekat semua pedagang akan direlokasi. *nvi

Komentar