nusabali

Aksi Sosial, Desa Pemogan Bersinergi bersama Honey Money Bali, RTB dan Bro Dewata

  • www.nusabali.com-aksi-sosial-desa-pemogan-bersinergi-bersama-honey-money-bali-rtb-dan-bro-dewata

DENPASAR, NusaBali.com - Masa pandemi Covid-19, khususnya pada masa PPKM Darurat (PPKM Level 3) memerlukan sinergitas antar elemen masyarakat guna membantu masyarakat lainnya.

Situasi inilah yang mendorong perangkat Desa Pemogan berkolaborasi dengan Honey Money Bali, Barong Tanah Kilap,  RTB, dan Bro Dewata melakukan aksi sosial berupa pembagian sembako dan vitamin bagi masyarakat dan pelaku pariwisata terdampak pandemi, donor darah, serta santunan bagi yatim piatu.

Tiga kegiatan sosial itu dilakukan dalam satu hari, Rabu (21/7/2021), bertempat di Barong Tanah Kilap Jalan Griya Anyar 25 B, Pemogan,  Denpasar Barat.  “Saya sangat antusias dengan kerja sama yang dilakukan pihak Desa Pemogan dengan stakeholder yang bergerak di bidang pariwisata untuk saling membantu dan peduli kepada masyarakat, khususnya Desa Pemogan ini,” kata Kepala Desa Pemogan I Made Suwirya.

Dalam kegiatan donor darah bekerjasama dengan UDD PMI Provinsi Bali berhasil mendapatkan 39 kantong dari 51 calon pendonor.  Jumlah pendonor ini melonjak tajam disbanding kegiatan serupa tiga bulan silam. 

”Antusias masyarakat sangat tinggi dalam hal kepedulian dan kemanusiaan. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan tiga bulan lalu dengan yang dilakukan bulan ini, calon pendonor bertambah dua kali lipat,” ungkap Koordinator Donor Darah Imanuel Surah.

Sementara itu di sela-sela donasi kepada anak yatim piatu,  ditampilkan pula Tarian Barong dengan tujuan mengembalikan semangat para penari yang selama ini vakum karena kondisi pandemi. 

“Dengan adanya pergelaran Tari Barong yang hanya disajikan khusus untuk 30 anak-anak dari Yayasan Panti Asuhan, diharapkan muncul kecintaan terhadap seni dan budaya, terutama budaya Bali yang sangat terkenal di mancanegara,” kata Nyoman Suwendi selaku manajemen Barong Tanah Kilap.

Kegiatan sosial ini sebenarnya merupakan lanjutan program yang dilakukan setiap tiga bulan sekali oleh beberapa stakeholder yang bergerak di bidang pariwisata. Namun kegiatan kali ini  diperluas dalam segi kepanitiaan untuk menyebarkan semangat gotong royong dalam berbuat kebaikan.Kebersamaan.  

Terlibatnya Bro Dewata dan Rajawali Trans Bali (RTB ) membawa spirit tersendiri karena dua stakeholder yang bergerak di bidang koperasi transportasi khususnya di Bali  ini dapat memberikan kontribusi dalam kebersamaan membantu masyarakat dalam kegiatan sosial ini.

“Semoga kolaborasi ini dapat mendorong dan menyatukan kepedulian antar sesama driver yang saat ini sangat terimbas oleh kondisi pandemi. Mari bergandeng tangan melakukan kebaikan,” kata .Hendra Djoko Susilo, Ketua Bro Dewata diamini Ery Budi Sisworo dari Rajawali Trans Bali.

Sementara itu Kepala Desa Pemogan I Made Suwirya dalam kesempatan sama mengingatkan terus soal pentingnya protokol kesehatan demi menekan penyebaran pandemi Covid-19. Tak lupa Made Suwirya juga memberikan penyuluhan dan sosialisasi agar bagi yang belum melaksanakan vaksinasi segera melakukan vaksinasi Covid-19 agar segera tercapai herd immunity di Pulau Dewata. *mao

Komentar