nusabali

Dewan Minta Eksekutif Tambah Lima Portal

  • www.nusabali.com-dewan-minta-eksekutif-tambah-lima-portal

AMLAPURA, NusaBali
Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika meminta eksekutif tambah pembangunan lima portal di perbatasan Karangasem untuk mencegah kebocoran pajak galian C.

Diakui pemasukan pajak galian C mulai membaik, namun diduga masih terjadi kebocoran. Hasil pantauannya, setiap hari yang bayar pajak sebanyak 1.200 truk. Sudah ada peningkatan dibandingkan sebelumnya. Namun diduga masih terjadi kebocoran sehingga mengusulkan penambahan 5 portal lagi untuk pemeriksaan berlapis.

Wayan Suastika mengusulkan portal dibangun di perbatasan Karangasem. Masing-masing Pos Portal Banjar Yehmalet Desa Antiga Kelod Kecamatan Manggis, Pos Portal Objek Wisata Bukit Jambul Banjar Pesaban Kangin Desa Pesaban Kecamatan Rendang, Pos Portal Banjar Lebu Desa Lokasari Kecamatan Sidemen, Pos Portal Desa Tianyar Barat Kecamatan Kubu, dan Pos Portal Amlapura. “Usulan ini akan kami sampaikan saat rapat kerja dengan eksekutif. Kami juga usulkan ada penambahan faktur untuk disetorkan di pos portal di perbatasan untuk mengontrol truk memuat galian C melintasi pos portal,” ungkap Wayan Suastika, Rabu (14/7).

Wayan Suastika merancang usulan itu karena aktivitas galian C mulai ramai disertai ramainya transaksi. Hal itu dibuktikan ramainya truk-truk melintas mengangkut material galian C. Imbangi juga dengan mutasi petugas portal agar tidak ada dugaan main mata dengan para sopir truk. “Saat kami turun ke jalan, menemukan dugaan kebocoran yang tinggi akibat dari perilaku petugas portal di lapangan,” ungkap politisi asal Banjar Juuk Legi, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat ini. Capaian pajak galian C yang ditarget di tahun 2021 sebesar Rp 44,5 miliar. Target di triwulan II Juni 2021 sebesar Rp 15,57 miliar, di luar dugaan terealiasi Rp 19,47 miliar.

Terpisah, Plt Kepala Badan Perbendaharaan Keuangan dan Aset Daerah Karangasem I Komang Agus Sukasena mengapresiasi usulan Ketua DPRD Karangasem. “Itu masukan yang sangat baik untuk memperkuat penjagaan, sehingga mampu menekan dugaan terjadinya kebocoran pajak galian C,” jelas mantan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Karangasem ini. Diakui pemasukan dari pajak galian C mulai membaik dan target di triwulan II atau semester I telah terlampaui. Tetap perlu evaluasi agar lebih optimal pajak galian C bisa masuk. *k16

Komentar