nusabali

Penyekatan di Masceti Gianyar Diperketat, Perintah Putar Bali Makin Gencar

  • www.nusabali.com-penyekatan-di-masceti-gianyar-diperketat-perintah-putar-bali-makin-gencar

GIANYAR, NusaBali.com – Penerapan PPKM Darurat di wilayah Kabupaten Gianyar makin diperketat. Salah satu pengetatan terjadi di pos penyekatan Masceti, Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Rabu (. 14/7/2021).

Sedari pukul 07.00 Wita, Tim Gabungan dari Polri, Satpol PP, Dishub dan TNI berjibaku di Pos Penyekatan. Penyekatan lalu lintas dilaksanakan secara selektif prioritas, di mana para pengendara dicek kelengkapan surat seperti KTP, surat tugas kerja, dan surat keterangan vaksin.

Selama tiga jam, pemeriksaan dilakukan ketat.  Bahkan dari pukul 07.00 hingga 08.16 Wita, atau hanya dalam waktu satu jam lebih sedikit, puluhan kendaraan diminta putar balik karena tidak memenuhi persyaratan masuk Gianyar. “Kurang lebih dari pukul 07.00 sudah sekitar 700 pengendara yang diperiksa, dan ada kira-kira 65 pengendara yang kami putar balikkan,” kata Kabag Sumda Polres Gianyar Kompol I Ketut Suartika Adnyana  yang juga Kasatgas IV Operasi Aman Nusa II.

Pengawasan pelintas juga terus dilakukan setelah pukul 10.00 hingga 20.00 Wita. Petugas gabungan memberikan imbauan secara humanis kepada para pengendara yang akan melintas masuk ke Kabupaten Gianyar.  “Apabila tidak memiliki kepentingan mendesak, diarahkan agar menunda terlebih dahulu kegiatan tersebut. Guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, dalam masa PPKM Darurat ini,” ujar Kompol I Ketut Suartika Adnyana.

Kompol I Ketut Suartika Adnyana pun menambahkan bahwa kini para pengendara mulai menerima adanya penyekatan lalu lintas di masa PPKM Darurat. Hal tersebut dapat diamati ketika petugas memberhentikan kendaraan, para pengendara sudah mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya. “Dari jauh pengendara sudah mengeluarkan surat-suratnya, masyarakat sangat bekerja sama dengan baik kepada para petugas,” tegasnya.

Adapun jumlah petugas dalam operasi penyekatan lalu lintas di Masceti, yakni berjumlah total 30 orang petugas. “Rincian petugas yakni 4 orang Pol PP, 4 orang Dishub, 2 orang TNI, 20 orang Polri. Para petugas bersinergi demi menekan angka kasus Covid-19 di masa PPKM darurat ini,” tambah Kompol I Ketut Suartika Adnyana.


Selain penyekatan lalu lintas, Polres Gianyar pun juga memiliki program Gerai Vaksin Presisi yang diadakan di Klinik Pratama Bhayangkara Polres Gianyar. “Akan terus berlangsung dari awal PPKM Darurat, hingga nanti berakhir pada 20 Juli 2021. Per harinya Polres Gianyar melayani 250 orang dalam vaksinasi presisi tersebut,” tegas Kompol I Ketut Suartika Adnyana.

Kompol I Ketut Suartika Adnyana pun berharap agar angka kasus Covid-19 di Bali semakin menurun. Dan masyarakat disiplin dalam menaati peraturan yang ada di dalam PPKM darurat tersebut. “Semua ini dilakukan demi menekan angka Covid-19. Dan mewujudkan kesehatan masyarakat yang baik dan aman di masa PPKM darurat ini,” tutupnya. *rma

Komentar