nusabali

Satgas Tekankan Vaksinasi Tidak Terjadi Antrean Panjang

  • www.nusabali.com-satgas-tekankan-vaksinasi-tidak-terjadi-antrean-panjang

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Klungkung, memonitor vaksinasi Covid-19 tahap I dan II, Selasa (13/7) pagi.

Bupati memonitor vaksinasi di Puskesmas Dawan II (Kecamatan Dawan), GOR Swecapura, Desa Gelgel, dan vaksinasi anak-anak di SDN 1 Kamasan (Kecamatan Klungkung).

Monitoring untuk memastikan program vaksinasi gratis kepada masyarakat berjalan lancar dan sesuai target. Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut pihak vaksinator mempersiapkan dua jenis vaksin, yakni AstraZeneca dan Sinovac.

Namun, mengenai adanya persyaratan sertifikat vaksinasi yang harus dibawa ketika bepergian selama PPKM darurat di Jawa-Bali, membuat puluhan masyarakat luar daerah melakukan vaksinasi di Kabupaten Klungkung. Syaratnya dengan cara membawa KTP atau surat keterangan domisili.

Maka, untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi antrean, Bupati Suwirta menugaskan instansi terkait agar menambah jumlah tenaga vaksinator. “Jangan sampai terjadi antrean panjang, agar bisa tetap menjaga jarak dan selalu terapkan protokol kesehatan (prokes),” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga meminta petugas memanfaatkan inovasi Dorkesmas (Datangi Obati dan Rawat Kesehatan Masyarakat) untuk memperluas jangkauan vaksinasi kepada masyarakat.

Selain memantau, Bupati Suwirta tidak henti-hentinya memotivasi warga supaya antusias mengikuti vaksinasi. “Perangkat desa supaya lebih aktif turun ke masyarakat mensosialisasikan kegiatan vaksinasi ini, sehingga antusiasme warga meningkat,” harap Bupati Suwirta.

Sementara itu, jajaran Polres Klungkung juga terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal, melalui Gerai Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Klinik Polres Klungkung. Dengan menyasar pelajar dengan anak berusia 12-17 tahun.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Klungkung dan Dinas Pendidikan Klungkung, untuk vaksinasi anak-anak ini,” ujar Kasatgas Vaksinator Polres Klungkung Kompol I Gede Mustika.

Sementara itu, Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana, menambahkan langkah ini untuk membantu pemerintah sebagai upaya mempercepat vaksinasi Covid-19 di masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Klungkung. *wan

Komentar