nusabali

Ayu Sriartha Siap Turun di Dua Nomor

  • www.nusabali.com-ayu-sriartha-siap-turun-di-dua-nomor

JAKARTA, NusaBali
Pebasket putri andalan Bali Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi atau akrab disapa Ayu siap tampil di dua nomor, yakni basket 3x3 dan 5x5 pada SEA Games Vietnam 2021.

Kini Ayu masih menanti panggilan masuk Pelatnas, dengan berlatih secara mandiri. "Sampai saat ini, belum ada panggilan Pelatnas. Saya berharap mendapat panggilan Pelatnas agar membela Indonesia di SEA Games lagi. Bila dipercaya membela Indonesia, saya siap main di nomor 3x3 dan 5x5," ujar Ayu Sriartha, Kamis (8/7).

Dari SEA Games 2019 di Filipina, kata Ayu, sejumlah pebasket dari negara lain juga tampil di dua nomor. Rata-rata setelah bertanding pada nomor 3x3, lanjut turun untuk nomor 5x5. Jarak pertandingan antara kedua nomor itu 2-3 hari sehingga masih ada jeda waktu untuk beristirahat.

Anak kedua dari tiga bersaudara ini saat hanya fokus tampil di basket 3x3. Karena itu, jika ada peluang tampil di dua nomor Ayu siap. Pasalnya, jadwal pertandingan kedua nomor tidak terlalu berdekatan. Dengan begitu, ada waktu mengumpulkan tenaga. Semua dapat terwujud bila dia lolos seleksi, yang dilakukan secara bersamaan antara nomor basket 3x3 dan nomor 5x5.

"Jika saya bisa main di dua nomor kenapa tidak?. Saya berharap besar, bisa main kembali di SEA Games agar dapat mempersembahkan medali bagi Indonesia," ucap alumni jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat ini.

Namun, kata Ayu, dia belum mengetahui kapan seleksi bakal berlangsung. Yang terpenting dia mempersiapkan diri dan memperbaiki kekurangannya. Dari evaluasi usai pra kualifikasi Olimpiade di Austria, kekurangan Ayu antara lain di bagian ball handling, shooting dan footwork. Ayu, terus memperbaiki kekurangan itu dengan cara latihan mandiri. Kemudian menambah latihan dengan penguatan otot.

"Jadi, saat ini saya fokus latihan mengenai itu. Ketika latihan, saya anggap seperti bertanding saja untuk memotivasi agar kekurangan dapat diperbaiki. Selain itu, melatih mental pula agar siap bertanding lagi," kata Ayu Sriartha. *k22

Komentar