nusabali

BPBD Bersihkan Longsor dan Jalan Rusak di Desa Gegelang

  • www.nusabali.com-bpbd-bersihkan-longsor-dan-jalan-rusak-di-desa-gegelang

AMLAPURA, NusaBali
BPBD Karangasem membersihkan material longsor dan jalan rusak di Banjar Telengan, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Karangasem, Kamis (8/7).

Dari tiga titik longsor yang menimbun jalan, baru tertangani di dua titik. Pembersihakan material longsor di satu titik lagi dilanjutkan Jumat (9/7) hari ini. BPBD bawa alat berat untuk membersihkan material longsor. Bencana longsor terjadi pada Kamis (17/6) lalu.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengatakan, jalan yang tertimbun longsor merupakan jalur menuju Pura Pucak Sari. Di jalur itu, hanya segelintir warga bermukim di lahan bebukitan. Selain membersihkan tanah longsor, BPBD juga menguruk bahu jalan yang tergerus dan menimbulkan lubang-lubang cukup dalam. “Kami baru menangani longsor di Banjar Telengan. Penanganan diprioritaskan di jalur-jalur yang vital,” ungkap Ida Ketut Arimbawa.

Dijelaskan, akses jalan lingkar di Banjar Telengan selain diterjang longsor juga bahu jalan tergerus air. Perlu pengurukan agar jalan berfungsi normal. Kepala Kewilayahan Banjar Telengan I Made Pasek Astawa mengapresiasi penanganan bencana oleh petugas BPBD. Sehingga warga kembali bisa melintas. “Jalan di Banjar Telengan itu buntu, hanya menuju Pura Pucak Sari, tetapi di saat upacara, warga ramai melintasi jalur itu,” ungkap Pasek Astawa. *k16

Komentar