nusabali

Gol Casemiro Bawa Brasil Libas Kolombia

  • www.nusabali.com-gol-casemiro-bawa-brasil-libas-kolombia

RIO DE JANEIRO, NusaBali
Gol Casemiro pada penghujung laga memastikan Brasil menang dramatis 2-1 atas Kolombia di Estadio Olimpico Nilton Santos, Kamis (24/6) pagi Wita.

Brasil sudah dipastikan melaju ke perempat final saat memasuki laga tersebut, dan Kolombia butuh tambahan poin untuk mengamankan posisi.

Karena itu, laga baru berjalan 10 menit Kolombia mampu membuka keunggulan. Umpan silang Juan Cuadrado disambar tendangan salto Luis Diaz yang membuat kiper Brasil Weverton tak berdaya. Skor berubah 1-0.

Setelah ketinggalan, Brasil beberapa kali terus membuat serangan, namun upaya itu masih gagal menjebol gawang Kolombia. Bahkan pada menit ke-24, upaya Brasil melalui umpan silang Richarlison membentur pemain Kolombia dan menjadi sepak pojok.

Umpan silang Danilo di menit ke-37 disambut sundulan Neymar, yang mengarahkan bola ke Richarlison. Penyelesaian akhir Richarlison mudah diantisipasi kiper David Ospina.

Brasil banyak menguasai bola di babak pertama, tetapi kesulitan menciptakan ancaman langsung ke gawang Kolombia. Babak pertama ditutup 1-0 untuk keunggulan Kolombia. Di babak kedua, tim tuan rumah tidak mengendurkan serangan sedangkan. Sedangkan Kolombia tampil disiplin di lini pertahanan dan lebih mengandalkan serangan balik.

Tusukan Neymar pada menit ke-58 diakhiri sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. Namun, bola melenceng ke kiri gawang. Dua menit berselang, giliran Richarlison yang menusuk dan mengirim umpan, tetapi Gabriel Jesus dan Roberto Firmino gagal menyambarnya.

Brazil nyaris menyamakan skor di menit ke-66. Firmino melepaskan umpan bagus yang meloloskan Neymar di kotak penalti. Namun tendangan Neymar mengenai tiang gawang setelah dia melewati kiper Ospina.

Tim Samba akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-78 melalui sundulan Roberto Firmino setelah menyambar umpan silang Renan Lodi. Skor 1-1. Lalu Brasil membuat comeback secara dramatis sekaligus mengunci kemenangan di menit ke-10 tambahan waktu. Sepak pojok Neymar disambar tandukan keras Casemiro yang tak bisa dibendung Ospina.

Hasil ini sekaligus memastikan Brasil melaju ke perempat final Copa America 2021 sebagai juara Grup B dengan raihan 9 poin dari tiga laga. Mereka tak akan terkejar oleh Kolombia yang menyelesaikan laga babak grup, atau Peru di posisi ketiga (3 laga) dengan keduanya mengoleksi empat poin.

Sementara sebelumnya, Peru juga comeback dan bangkit dari ketertinggalan untuk mengakhiri laga 2-2 melawan Ekuador, di Estadio Olimpico Pedro Ludovico, Kamis Wita.

Dengan hasil itu, kedua tim masih berpeluang maju ke delapan besar Copa America. Dengan satu laga tersisa untuk masing-masing tim, Ekuador memiliki dua poin dari tiga laga dan Peru mengumpulkan empat poin. Empat dari lima tim teratas di setiap grup lolos ke perempat final. *ant

Komentar