nusabali

Dinas Koperasi Rancang Perayaan Ulang Tahun

  • www.nusabali.com-dinas-koperasi-rancang-perayaan-ulang-tahun

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Koperasi dan UKM Karangasem merancang perayaan HUT ke-74 Koperasi dengan melibatkan 143 koperasi di Karangaasem. Alasannya, dari 211 koperasi wajib Rapat Anggota Tahunan (RAT), hanya 143 koperasi menggelar RAT.

Sebanyak 114 koperasi tidak aktif. Perayaan HUT Koperasi diagendakan pada 24 Juli nanti. Plt Kadis Koperasi dan UKM Karangasem, I Wayan Kertia, mengungkapkan perayaan HUT ke-74 rencananya digelar di Pura Pasar Agung, Desa Sebudi, Kecamatan Selat. Peserta perayaan HUT Koperasi dibatasi. Ditegaskan, mengundang 143 koperasi aktif selain untuk pembatasan peserta juga memperingatkan koperasi yang tidak aktif agar jengah untuk bangkit. Sebanyak 114 koperasi non aktif telah mendapatkan surat, apakah masih bersedia dibina agar menjadi koperasi yang aktif, maju, dan menyejahterakan anggota, atau sebaliknya diusulkan badan hukumnya dicabut.

Ketua Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Karangasem I Gede Ngurah Indrayana mengungkapkan, pada tahun 2019 terungkap 117 koperasi yang non aktif. Setelah pembinaan, tinggal 114 koperasi non aktif. “Usai HUT Koperasi kami kembali melakukan pembinaan menyasar 114 koperasi itu,” kata Indrayana. Dia setuju koperasi non aktif tidak diajak merayakan HUT Koperasi karena masih dalam status pembinaan. Indrayana mengungkapkan, pada tahun 2018 pemerintah mencabut izin pendirian 24 koperasi. *k16

Komentar