nusabali

Warga Binaan Lapas Singaraja Divaksin

  • www.nusabali.com-warga-binaan-lapas-singaraja-divaksin

SINGARAJA, NusaBali
Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singaraja mengikuti vaksinasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, pada Kamis (17/6) pagi.

Vaksinasi yang diikuti seratusan narapidana (napi) ini dipusatkan di dalam Lapas Singaraja. Kepala Lapas Kelas IIB Singaraja, Mutzaini menjelaskan, Lapas Singaraja saat ini dihuni 263 napi. Namun, vaksinasi hanya diikuti oleh 196 napi. Sedangkan 67 napi belum bisa diberikan vaksin. Sebagian karena tak lolos screening atau pemeriksaan kesehatan, seperti memiliki riwayat penyakit atau mengalami tekanan darah tinggi.

"Sebagiannya lagi karena warga binaan masih dititipkan di rumah tahanan di Polres Buleleng dan di Polsek yang ada di Kabupaten Buleleng. Kami harap vaksinasi ini dapat dilakukan terhadap seluruh warga binaan di Lapas," ujar Mutzaini.

Vaksinasi dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng. Para napi di Lapas Singaraja mendapat suntikan vaksin Astra Zeneca. Usai divaksin, 15 warga binaan langsung diobservasi selama 30 menit oleh petugas dari Dinas Kesehatan Buleleng dan petugas medis Lapas Singaraja.

Kata Mutzaini, pelaksanaan vaksinasi ini diharapkan dapat mencegah atau meminimalisir penyebaran Covid-19 di dalam Lapas, mengingat kondisi lapas yang sedang overkrodit. "Vaksinasi dilakukan terhadap seluruh warga binaan, sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19," tandas Mutzaini. *mz

Komentar