nusabali

Ayu Sriartha dan Kadek Citta Berpeluang Ikut Pelatnas SEAG

  • www.nusabali.com-ayu-sriartha-dan-kadek-citta-berpeluang-ikut-pelatnas-seag

JAKARTA, NusaBali
Dua pebasket putri Bali, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi dan Kadek Citta Pratita Dewi, berpeluang masih Pelatnas SEA Games 2021 di Vietnam.

Pemanggilan itu kemungkinan akan dilakukan pada Juli mendatang. "Kami akan banyak memanggil pebasket. Kemudian kami seleksi mana yang pantas untuk bermain di 3x3. Ayu Sriartha berpeluang dipanggil kembali, begitupula dengan pebasket Bali lainnya seperti Kadek Citta Pratita Dewi," ujar pelatih basket putri 3x3 July Wong, Rabu (2/6).

Ayu Sriartha masuk dalam tim basket putri 3x3 yang mengikuti kualifikasi Olimpiade Tokyo pada 24-30 Mei 2021 di Austria. Kini Ayu Sriartha dkk menjalani karantina lima hari di salah satu hotel, usai tiba Jakarta, Senin lalu. Menurut July Wong, usai karantina empat pebasket yang memperkuat tim Indonesia dipulangkan ke daerah masing-masing.

Selain Ayu Siartha, kata July Wong, ketiga anggota timnas basket 3x3, yakni Dyah Lestari, Nathania Claresta Oriville, dan Lea Elvensia Wolobubo Kahol berpeluang dipanggil kembali. Namun pebasket lain juga akan dipanggil. Karena itu, July Wong akan terus memantau para pebasket. Berhubung tahun ini tidak ada kejuaraan, dia memantau melalui video pertandingan yang diikuti para pebasket, yakni di Srikandi Cup.

"Kami akan memanggil nama-nama yang menurut kami layak untuk ikut dalam seleksi. Jadi, kita tunggu saja," ucap July Wong.

SEA Games 2021 sendiri menjadi tujuan akhir dari tim basket putri 3x3. Untuk itu, kualifikasi Olimpiade menjadi ajang ujitanding dan mencari pengalaman bagi para pebasket putri 3x3. Mereka pun tidak menargetkan apa-apa di kualifikasi Olimpiade. Terlebih mereka hanya satu setengah bulan menjalani training camp (TC) di Surabaya, Jawa Timur.

Diluar dugaan tim putri 3x3 Indonesia mampu mengalahkan tim Uruguay 22-15. Sedangkan melawan Amerika Serikat, mereka kalah 7-21. Lalu harus kalah juga dari tim Jerman 9-22 dan Prancis 6-18.

"Kami cukup puas dengan hasil yang diraih anak-anak. Mereka tidak mau kalah sampai detik terakhir," tegas July Wong.

Bahkan, penampilan Ayu cukup bagus sehingga memberikan kontribusi bagi tim. Meski begitu, Ayu memiliki kekurangan. Antara lain dibagian power. Kekurangan itu, lanjut July Wong, masih bisa diperbaiki lantaran masih ada waktu untuk persiapan menuju SEA Games 2021.

Sementara Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi berharap para pemain dapat terus menjaga semangatnya setelah berjuang dari Austria. Itu karena jasa mereka masih dibutuhkan untuk merebut medali di SEA Games Vietnam akhir tahun ini. *k22

Komentar