nusabali

Menang Pilkada Tabanan, Komang Sanjaya Naur Sesangi Mendaki Gunung Batukaru

  • www.nusabali.com-menang-pilkada-tabanan-komang-sanjaya-naur-sesangi-mendaki-gunung-batukaru

TABANAN, NusaBali
Menang dalam perhelatan Pilkada Tabanan 2020, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya naur sesangi (bayar kaul) mendaki Gunung Batukaru, di Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Tabanan.

Aksi naur sesangi ini dilakukan saat hari libur nasional, Rabu (26/5). Bupati Sanjaya didampingi sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), anggota Dewan Kabupaten Tabanan, dan simpatisan Jaya–Wira.  

Mendaki Gunung Batukaru ini adalah pengalaman kedua yang dilakukan setelah sebelumnya sempat mendaki di tahun 1968 atau semasih duduk di bangku SMA. Bupati Sanjaya dan rombongan membutuhkan waktu 5 jam untuk sampai di puncak Gunung Batukaru. Mereka naik dari Pura Malen di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan.

Bupati Sanjaya mengatakan pendakian yang dilakukan ini adalah bagian dari ritual naur sesangi karena saat Pilkada Tabanan 2020, pasangan I Komang Gede Sanjaya–I Made Edi Wirawan (Jaya–Wira) berhasil unggul atas  pasangan Anak Agung Ngurah Panji Astika dan I Dewa Nyoman Budiasa.

“Mendaki Gunung Batukaru karena Jaya–Wira menang dalam Pilkada 2020. Jadi saya memanfaatkan bayar kaul saat hari libur,” ujar Bupati Sanjaya,  Kamis (27/5).

Menurutnya aksi naur sesangi ini dia lakukan bersama dengan sejumlah pimpinan OPD dan asisten di Tabanan serta dari simpatisan Jaya–Wira. Mereka berangkat Rabu pagi sekitar pukul 06.00 Wita dari Pura Malen, Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan. “Jadi kami menempuh jarak sekitar 5 jam, kemudian kami sampai bawah Rabu pukul 18.00 Wita,” tuturnya.

Pendakian yang dilakukan di gunung tertinggi kedua di Bali itu juga untuk menghaturkan persembahyangan di Pura Puncak Kedaton yang ada di puncak Gunung Batukaru. “Kami sembahyang bersama menghaturkan parama suksma di hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa sekaligus bayar kaul pilkada kemarin,” kata Bupati Sanjaya.

Tak lupa dalam cakupan tangannya, Bupati Sanjaya memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar senantiasa memberikan berkah dan karunia-Nya kepada seluruh rakyat Tabanan sehingga diberikan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan. Dia juga memohon agar pandemi Covid-19 segera berakhir. *des

Komentar