nusabali

Pekerja Pariwisata Jalani Vaksinasi Tahap Dua

Vaksinasi Terhadap 8.670 Peserta Selesai Sembilan Hari

  • www.nusabali.com-pekerja-pariwisata-jalani-vaksinasi-tahap-dua

“Kegiatan vaksinasi ini merupakan upaya untuk mewujudkan The Nusa Dua sebagai salah satu green zone (zona hijau) atau lokasi bebas Covid-19 dalam upaya pemulihan pariwisata Bali,” kata Ardita.

MANGUPURA, NusaBali

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mulai melakukan vaksinasi tahap kedua bagi pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif di The Nusa Dua. Vaksinasi yang dijadwalkan berlangsung selama sembilan hari ke depan digelar di sejumlah hotel yang ada di kawasan ITDC. Adapun target vaksinasi tahap kedua ini sekitar 8.670 peserta, sama saat pelaksanaan vaksin pertama. Terdiri dari karyawan hotel petugas keamanan dan kebersihan kawasan, pegawai ITDC, paguyuban pedagang pantai, serta tenaga transportasi.

Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, mengatakan program vaksinasi bagi pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif di dalam kawasan The Nusa Dua ini diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian BUMN bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali dan Kabupaten Badung, ITDC, Bali Tourism Board, The Westin Resort Nusa Dua Bali, Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort serta BIMC Siloam Nusa Dua. Dalam vaksinasi tahap ke dua ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Badung menerjunkan 5 tim yang terdiri dari 60 tenaga kesehatan, didukung oleh BIMC Siloam Nusa Dua yang menyediakan mini ICU serta ambulance di lokasi vaksinasi. “Kegiatan vaksinasi ini merupakan upaya untuk mewujudkan The Nusa Dua sebagai salah satu green zone (zona hijau) atau lokasi bebas Covid-19 dalam upaya pemulihan pariwisata Bali,” kata Ardita.

Ardita mengapresiasi semua pihak yang terlibat karena sudah memulai kegiatan vaksinasi dosis kedua bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan The Nusa Dua. Menurutnya, setelah penyelesaian vaksinasi dosis pertama dua bulan lalu, pemberian vaksinasi ini merupakan satu dari dua pola pendekatan yang digunakan untuk mewujudkan The Nusa Dua sebagai Green Zone Destination. Pola pendekatan pertama adalah tata kelola kawasan berupa penyiapan infrastruktur, penyusunan dan implementasi SOP, dan sertifikasi Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE). Sementara pola kedua adalah pemberian vaksinasi untuk seluruh pekerja pariwisata di kawasan The Nusa Dua.

“Kedua pola ini kami yakini dapat menekan penularan Covid-19 di dalam kawasan dan sekitarnya, sehingga baik pekerja maupun wisatawan dapat berkegiatan dengan aman dan nyaman di The Nusa Dua,” kata Ardita lagi.

Ardita juga mengaku, untuk seluruh pekerja pariwisata yang sudah menjalani vaksinasi pada tahap pertama sebanyak 8.670 orang. Dengan demikian, ribuan pelaku pariwisata itu juga siap menerima vaksinasi tahap kedua yang dijadwalkan berlangsung selama sembilan hari ke depan. “Kami berharap untuk vaksinasi tahap kedua ini seperti itu juga, sehingga seluruh pekerja pariwisata sudah 100 persen divaksin,” kata Ardita. *dar

Komentar