nusabali

Siswa SD dan SMP Ikut PAT

  • www.nusabali.com-siswa-sd-dan-smp-ikut-pat

BANGLI, NusaBali
Penilaian akhir tahun (PAT) semester genap akan dilaksanakan mulai Senin (17/5) hari ini.

PAT diikuti siswa SD sebanyak 18.876 orang dan siswa SMP sebanyak 7.392 orang. Pelaksanaan PAT diserahkan ke masing-masing satuan pendidikan. Sebagian besar menggelar PAT secara tatap muka.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli, Dewa Agung Putu Purnama mengatakan, pelaksanaan menggunakan sistem shift. Sehingga siswa tidak akan berkerumum saat di sekolah. “Sekolah telah mengatur untuk penggunaan sistem shift. Siswa terbagi sesuai dengan nomor urut genap dan ganjil,” jelas Dewa Purnama, Minggu (16/5). SD yang melaksanakan PAT sebanyak 165 sekolah, SMP sebanyak 28 sekolah.

Mantan Camat Tembuku ini menyebutkan, sekolah telah melakukan persiapan untuk PAT secara tatap muka. Ada pula melakukan PAT secara daring. Meski sekolah melaksanakan PAT secara tatap muka, jika orang tua siswa tidak memberikan izin, sekolah tetap melayani dengan sistem daring. “Satuan Pendidikan diberikan kewenangan untuk melaksanakan daring ataupun tatap muka,” jelas mantan Camat Tembuku ini.

Dewa Purnama mencontohkan, sekolah yang masih melakukan persiapan yakni SMPN 5 Kintamani di Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani. “Sejumlah sekolah masih melakukan persiapan untuk bisa melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka,” ungkapnya. Ditegaskan pula, sekolah harus tetap ketat dalam pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19. Pengawasan terhadap para siswa agar dioptimalkan demi keselamatan bersama. *esa

Komentar