nusabali

Perbasi Gianyar Yakin Ayu Sriartha Lolos Seleknas

  • www.nusabali.com-perbasi-gianyar-yakin-ayu-sriartha-lolos-seleknas

GIANYAR, NusaBali
Pengurus Kabupaten Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Gianyar merasa yakin atlet kebanggaannya, Dewa Ayu Made Sriartha lolos Seleksi Nasional (Seleknas) Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021 di Austria.

Pebasket andalan Bali di PON XX/2021 itu diyakini jadi pemain inti Timnas Basket 3x3 putri.  Saat ini pebasket asal Gianyar itu mengikuti seleknas di GOR CLS, Surabaya. Melihat peta kekuatan dan nama-nama pebasket yang juga dipanggil dalam Seleknas, Perbasi Gianyar optimistis atletnya tembus menjadi pemain tim inti.

"Bukan bermaksud mendahului, kami tahu betul kemampuan Dewa Ayu Sriartha. Kerbekal kemampuannya itu,  saya yakin dia lolos ke Timnas Basket 3x3 Putri," kata Ketua Pengkab Perbasi Gianyar, Made Purwita, Minggu (16/5).

Menurut Made Purwita, satu-satunya atlet asal Gianyar dan Bali yang ikut seleknas di 3x3 itu sudah mengikuti seleknas sejak 4 Mei lalu di Surabaya. Dari perkembangannya, selama hampir 12 hari di seleknas ada informasi jika atletnya di rangking pertama dari enam pebasket yang dipanggil Seleknas.

Selain Ayu Sriartha (Bali), pemain pelatnas lainnya, yakni Dyah Lestari (Jawa Tengah), Nathania Claresta Oriville (Jambi), Lea Elvensia Wolobubo Kahol (Papua), Henny Sutjiono (Jawa Timur), dan Gabriel Sophia (Kalimantan Timur).

Berapa pebasket yang akan direkrut itu keputusan pelatih Timnas. Biasanya kategori basket 3x3 hanya dicari empat atlet, sehingga pasti akan ada pengurangan.

"Kita tunggu saja keputusan resmi hasil Seleknas. Saya harap ada wakil Bali yang lolos. Untuk itu mohon dukungan dan doanya agar Ayuk tetap bisa bertahan, dan masuk Timnas," kata Made Purwita, yang juga Sekum Pengprov PABSI Bali itu.

Jika lolos Seleknas dan mewakili Indonesia, Ayu Sriartha akan masuk skuat Tim Basket Indonesia mengikuti turnamen di Graz Austria, 24-30 Mei. Timnas di Pool A dan bersaing dengan Amerika Serikat, Prancis, Jerman dan Uruguay. Turnamen ini dikhususkan untuk kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021. *dek

Komentar