nusabali

Toleransi Indah, Pecalang Terlibat dalam Pengaturan Salat Idul Fitri di Denpasar

  • www.nusabali.com-toleransi-indah-pecalang-terlibat-dalam-pengaturan-salat-idul-fitri-di-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com - Kegiatan salat Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021 di Provinsi Bali sebagian besar hanya dilakukan di masjid maupun di musala, sebagai upaya untuk mengurangi kerumunan sesuai dengan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

"Pelaksanaan salat Idul Fitri tahun 1442 Hijrian ini kami laksanakan di masjid dan musala. Karena kita umat Islam mengikuti imbauan pemerintah agar tidak sampai berkerumun di tengah pandemi Covid-19," kata Ketua Pengurus Musholla Silaturahmi Monang Maning Denpasar, H Ramli, Kamis (13/5/2021).

Ia mengatakan walau umat Islam melakukan salat di masjid maupun di musala untuk tahun 2021 ini mereka melakukan dengan khusyuk dan hikmat. "Dalam menyembah Tuhan tidak ada batasan di mana kita melakukan shalat. Yang terpenting kita fokus menyerahkan diri kepada Allah SWT agar kita selamat, damai dan sehat semua umat beragama di dunia," katanya.

Ramli mengatakan semua agama mengajarkan kebaikan dan saling toleransi dengan sesama yang berbeda keyakinan dan agamanya. Pihaknya mengatakan wujud toleransi beragama sudah diwarisi dari zaman dahulu. "Kita sebagai pewarisnya patut mengikuti dan menjalankan sesuai dengan ajaran agama," katanya.

"Di sini toleransi beragama sangat kuat. Kita saling bantu-membantu dalam setiap kegiatan. Wujud nyata kita lakukan dalam toleransi beragama adalah melibatkan keamanan desa adat (pecalang), mulai dari bulan puasa Ramadan hingga Lebaran ini," tambahnya.

Ia mengatakan para pecalang dilibatkan dalam pengamanan, mulai dari bulan Ramadan hingga Lebaran. "Mereka kami minta bantuan untuk ikut mengatur yang mau masuk ke musala agar tidak sampai berdesakan dan berkurumun," katanya.

"Kami selalu bekerja sama dengan melibatkan para pecalang di desa ini. Tolerasi kami disini sangat kuat. Terbukti hari ini mereka membantu menjaga keamanan dan ketertiban saat kami melaksanakan salat Idul Fitri," demikian Ramli. *ant

Komentar