nusabali

Bupati Ganti Kepala Pasar Kidul

  • www.nusabali.com-bupati-ganti-kepala-pasar-kidul

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta melakukan pergantian kepala Pasar Kidul Bangli. Kepala Pasar Kidul I Nengah Sabda Negara digantikan oleh I Dewa Agung Gede Adi Oka, Senin (26/4).

Sabda Negara menjabat Kepala Pasar Kidul sejak tahun 2012. Pergantian pengurus berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Bangli Nomor 510/366/2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan petugas pengelola Pasar Kidul.

Dewa Agung Oka saat dikonfirmasi mengaku telah mengantongi SK Bupati Bangli terkait penunjukan dirinya sebagai Kepala Pasar Kidul Bangli. SK tersebut diterima pada Senin (26/4). “Saya sudah menerima SK, ini adalah bentuk kepercayaan dan amanah yang harus dijalankan dengan baik,” ungkap Dewa Agung Oka. Sebagai langkah awal, Dewa Agung Oka akan melakukan pendataan jumlah pedagang. Sehingga ada data valid dan data di lapangan sesuai dengan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli.

Dewa Agung Oka mengungkapkan, segera menata pedagang dengan menempatkan para pedagang sesuai komoditi yang dijual. Trotoar akan disterilkan dari pedagang. Termasuk menertibkan pedagang yang menjajakan dagangan melewati batas toko atau kios. “Kami ingin Pasar Kidul aman dan nyaman bagi pedagang maupun pembeli,” ungkapnya. Kebersihan Pasar Kidul juga menjadi prioritas. Dewa Agung Oka menyebutkan, ada beberapa petugas baru sebagai pengelola Pasar Kidul. Ada 28 personel di Pasar Kidul yang terbagi dalam beberapa bidang, mulai dari petugas pungut retribusi hingga kebersihan. “Pegawai baru untuk meningkatkan layanan. Yang terlibat anak muda dengan harapan kinerja lebih optimal,” jelasnya.

Sementara Kadis Perindustrian dan Perdagangan Bangli, Wayan Gunawan menjelaskan, evaluasi SK pengelola Pasar Kidul setiap tahun. Wayan Gunawan mengungkapkan, kinerja kepala pasar sebelumnya sudah bagus, namun diperlukan orang baru dengan inovasi baru pula. Selain itu, usia Sabda Negara sudah lebih dari 60 tahun. “Diharapkan dengan anak muda memiliki kemampuan pengelolaan pasar lebih optimal. Penggantian kepala pasar adalah keputusan bupati,” jelasnya.

Wayan Gunawan mengaku tidak tahu secara detail masa kerja Sabda Negara. “Sepengetahuan saya, yang bersangkutan sudah cukup lama menjadi kepala pasar. Sebelum saya menjabat Kadisperindag, beliau sudah menjadi kepala pasar,” imbuhnya. Sementara Sabda Negara saat dikonfirmasi per telepon belum tersambung. *esa

Komentar