nusabali

Dinas PUPR Promosi Kesehatan di SDN 3 Tiyingtali

  • www.nusabali.com-dinas-pupr-promosi-kesehatan-di-sdn-3-tiyingtali

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Karangasem menggelar promosi kesehatan di SDN 3 Tiyingtali, Banjar Tuminggal, Desa Tiyingtali, Kecamatan Abang, Karangasem, Rabu (31/3).

Promosi kesehatan dengan menghadirkan 20 siswa. Kegiatan ini imbas dari program Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) yang diterima Desa Tiyingtali sebesar Rp 183,4 juta.

Kasek SDN 3 Tiyingtali, I Wayan Muliawan, mengatakan sebanyak 20 siswa yang dihadirkan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Siswa yang datang wajib pakai masker. “Hanya dapat arahan promosi kesehatan sekolah,” ungkap Wayan Muliawan. Para siswa diberikan edukasi pentingnya membiasakan cuci tangan dan menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat).

Kepala Bidang PPL (Persampahan dan Penyehatan Lingkungan) Dinas PUPR Karangasem, I Ketut Prama Budarta, mengatakan desa yang dapat program Pamsimas, dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat umum dan sekolah. Sekolah memanfaatkan dari segi kesehatan sekolah. Di samping juga menekankan untuk masyarakat agar membangun toilet sehingga membiasakan diri buang air di kamar kecil. “Sasaran Pamsimas yakni sekolah dan masyarakat umum,” kata Ketut Prama Budarta.

Disebutkan, pada tahun 2021, ada 12 desa dapat bantuan program Pamsimas dari kementerian PUPR. Program ini bertujuan untuk mendukung pencapaian target MDGs (Millennium Development Goals) sektor air minum dan sanitasi. Prosedur agar dapat bantuan Pamsimas, pihak desa mesti mengajukan proposal ke Dinas PUPR. *k16

Komentar