nusabali

Vaksinasi di Karangasem Sudah Sasar 15.591 Orang

  • www.nusabali.com-vaksinasi-di-karangasem-sudah-sasar-15591-orang

Capaian pelayanan vaksinasi paling banyak di Kecamatan Karangasem yakni 670 orang.

AMLAPURA, NusaBali

Vaksinasi di Karangasem telah menyasar 15.591 orang dari target 74.598 orang. Vaksinasi untuk pelayan publik ditarget tuntas pada April 2021. Pelayanan vaksinasi untuk ASN di GOR Gunung Agung, Sabtu (273) dibantu petugas Satpol PP dan anggota Polres Karangasem agar peserta tertib antre. Selama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Karangasem nihil KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi).

Kadis Kesehatan yang juga Koordinasi Bidang Kesehatan GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penangan) Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, memetakan capaian pelayanan vaksinasi yang telah berjalan di delapan kecamatan. Masing-masing di Kecamatan Rendang sebanyak 156 orang, Kecamatan Sidemen sebanyak 118 orang, Kecamatan Selat sebanyak 149 orang, Kecamatan Bebandem sebanyak 142 orang, Kecamatan Manggis sebanyak 230 orang, Kecamatan Abang sebanyak 251 orang, Kecamatan Kubu sebanyak 188 orang, dan Kecamatan Karangasem sebanyak 670 orang.

Capaian pelayanan vaksinasi paling banyak di Kecamatan Karangasem karena lebih banyak lokasi pelayanan terpusat di GOR Gunung Agung, selain RSUD Karangasem, Puskesmas Karangasem I, dan Puskesmas Karangasem II. Selama melayani vaksinasi sejak 4 Maret lalu, tidak pernah ada KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi), sehingga masyarakat semakin percaya vaksin sinovac sangat cocok untuk orang Indonesia. “Sambil menunggu vaksinasi gelombang kedua, 14 hari lagi, juga sambil menunggu kedatangan vaksin,” ungkap I Gusti Bagus Putra Pertama.

Pelayanan Sabtu (27/3) menyasar ASN termasuk tenaga guru tersebar di 12 Puskesmas, RSUD dan GOR, sehingga mempercepat tuntasnya pelayanan. Dalam pelayanan di GOR Gunung Agung dibantu petugas Satpol PP dan petugas dari Polres Karangasem agar setiap peserta vaksinasi tertib antre. Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Amlapura, Andini Hijria, dari Lingkungan Dangin Sema I, Kelurahan/Kecamatan Karangasem bersama rekannya Dinda Dwi Cahya mengikuti vaksinasi gelombang I, mengaku antusias ikut vaksinasi yang dijadwalkan pemerintah. “Saya sudah daftar dan dijadwal hari ini,” kata Andini.

Terpisah, pelayanan vaksinasi untuk ASN di Puskesmas Selat dikoordinasikan Kepala Puskesmas Selat dr I Gusti Lanang Udiyana, begitu juga di Puskesmas Karangasem I dikoordinasikan Kepala Puskesmas drg Ni Luh Panca Sri Parwita Sari. “Sebelumnya kami melayani vaksinasi untuk perangkat desa, kali ini ASN. Semoga tidak ada KIPI di sini,” kata Ni Luh Panca Sri Parwita Sari. Begitu juga menurut Kepala Puskesmas Kubu I dr Kadek Ari Hartati, secara teknis tidak ada kendala. “Mulai dari pelayanan vaksinasi untuk sulinggih, perangkat desa, tenaga kesehatan hingga ASN tidak ada kendala,” katanya. *k16

Komentar