nusabali

Ratusan Pengemudi Divaksin secara Drive Thru

  • www.nusabali.com-ratusan-pengemudi-divaksin-secara-drive-thru

PT Blue Bird menggandeng Polda Bali melakukan vaksinasi ratusan pengemudi. Vaksinasi dilakukan dengan sistem drive thru namun tetap sesuai protap.

DENPASAR, NusaBali

Ratusan pengemudi (driver) taksi PT Blue Bird Bali mengikuti program vaksinasi yang digelar secara drive thru di area parkir GOR Lila Bhuana, Jalan Melati, Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Sabtu (27/3) pagi, menggunakan vaksin AstraZeneca. Untuk melakukan vaksinasi massal terhadap 750 driver tersebut, PT Blue Bird Bali menggandeng Bid Dokes Polda Bali.  

Kegiatan tersebut dipantau oleh Kapolda Bali Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra, GM Blue Bird Area Bali Lombok Putu Gede Panca Wiadnyana, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Ketut Suarjaya.

Dikonfirmasi di sela kegiatan vaksinasi, Sabtu pagi kemarin, Panca Wiadnyana mengatakan vaksinasi massal untuk para pengemudi ini merupakan salah satu bentuk perhatian dari PT Blue Bird Bali terhadap para pengemudi. Selain itu juga merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Vaksinasi dengan metode drive thru dilakukan untuk mempercepat pelayanan, namun tetap mengikuti protokol kesehatan. Meski vaksinasinya dilakukan di dalam mobil, tapi standarnya tetap sesuai dengan standar dan prosedur dari Kementerian Kesehatan.

“Tetap ada pos registrasi, pos pemeriksaan, tempat wawancara, tempat vaksin, dan lainnya hingga akhirnya observasi. Semua tahapan itu dilalui. Sebab tidak mungkin selesai disuntik, driver langsung nyetir. Pasti diobservasi terlebih dahulu,” kata Panca Wiadnyana.

Dia menjelaskan di Bali ada 1.250 armada. Pengemudi sebanyak 750 orang. Sampai kemarin pagi yang sudah divaksin sekitar 200-an orang. “Hari ini (kemarin) kami targetkan 150 orang. Besok (hari ini) diharapkan yang belum divaksin itu sudah tuntas. Para driver yang divaksin ini semua sudah diregistrasi, sehingga mereka tinggal datang dan divaksin,” tandasnya.

Kapolda Irjen Putu Jayan Danu Putra mengatakan untuk kelancaran vaksinasi itu, Polda Bali bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Bid Dokes Polda Bali menerjunkan 4 tim vaksinator.

“Target utamanya agar 3 juta penduduk Bali segera rampung divaksin. Untuk mewujudkan itu harus bersama-sama bahu membahu melaksanakan program vaksinasi ini di tiap sektor,” tutur Kapolda didampingi Dir Lantas Polda Bali Kombes Pol Indra.

Khusus di Polda Bali sampai saat ini masih dilakukan vaksinasi. Dari 12.306 personel Polda Bali sebanyak 9.500 personel sudah divaksin. “Sekitar 2.000-an personel yang belum divaksin. Mereka masih menunggu jadwal yang dilakukan secara bertahap. Diharapkan tuntas dalam minggu ini,” ujarnya.

Setelah selesai melakukan vaksinasi terhadap para personel Polda Bali, nantinya vaksinator dari Bid Dokes Polda Bali bisa diperbantukan untuk melakukan kegiatan vaksinasi massal di luar Polri. “Target utama yang jadi prioritas adalah di tiga wilayah, yakni Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung; Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, dan di Ubud, Kecamatan Ubud, Gianyar,” tandasnya. *pol

Komentar