nusabali

Capaian Sementara Baru 19.000 Orang

Jembrana Targetkan Memvaksinasi 225.000 Warga

  • www.nusabali.com-capaian-sementara-baru-19000-orang

Untuk mencapai herd immunity (kekebalan kelompok), perlu 75 persen warga divaksin, sekitar 225.000 jiwa penduduk Jembrana.

NEGARA, NusaBali

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jembrana menargetkan vaksinasi penduduk 225.000 jiwa di Jembrana. Vaksinasi sejak akhir Januari 2021 - Rabu (24/3) kemarin, penduduk yang sudah divaksin Jembrana baru 19.000 orang.

Hal itu diungkapkan Bupati Jembrana I Nengah Tamba, saat meninjau kegiatan Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Gedung Auditorium Jembrana, kawasan Civic Center Jembrana, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Rabu kemarin. Gebyar vaksinasi masih serangkaian vaksinasi tahap II itu, khusus menyasar pelayan publik dari kalangan pegawai bank se-Jembrana.

Menurut Bupati Tamba, Satgas Penanganan Covid-19 Jembrana akan terus melaksanakan percepatan vaksinasi Covid-19 di Jembrana. Sesuai laporan yang diterimanya per Rabu kemarin, sudah ada 19.00 orang yang telah divaksin Covid-19 di Jembrana. “Sudah sebanyak 19.000 orang menjalani vaksinasi. Dan hari ini (kemarin, Red), sudah selesai vaksinasi (dosis pertama) untuk teman-teman perbankan sebanyak 530 orang,” ujarnya.

Selain Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Gedung Auditorium Jembrana ini, Bupati Tamba mengatakan akan dilakukan Gebyar Vaksinasi Covid-19 ke sejumlah kantong-kantong penduduk. Di antaranya, ada rencana menggelar vaksinasi massal di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, dan di Desa Manggissari, Kecamatan Pekutatan. “Untuk waktunya, menunggu vaksin datang. Astungkara 20.000 vial vaksin segera tiba di Jembrana,” ungkap Bupati asal Banjar Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Jembrana, dr I Gusti Putu Arisantha mengatakan untuk vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan (nakes), sudah selesai bulan lalu. Saat ini, masih dilakukan vaksinasi tahap kedua, meliputi TNI/ Polri, petugas pelayanan publik dan lansia. Untuk pelaksanaan vaksinasi tahap kedua saat ini, disebar di 15 fasilitas kesehatan (faskes) dari sebelumnya di 12 faskes. Selain di 10 puskesmas, klinik polres, dan RSUD Negara, ada tambahan 3 faskes tempat vaksinasi, yakni di 3 Rumah Sakit swasta se-Jembrana. “Layanan vaksinasi ini, tersebar di 15 faskes. Khusus gebyar vaksinasi hari ini (kemarin, red) dengan perbankan, juga merupakan bagian dari vaksinasi tahap kedua. Kami dibantu tiga puskesmas sebagai vaksinator,” kata Arisantha yang juga Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Jembrana ini.

Menurut Arisantha, setelah merampungkan vaksinasi tahap dua, nantinya akan dilanjutkan vaksinasi dengan menyasar warga umum. Dengan percepatan dan vaksinasi massal, vaksinasi terhadap warga Jembrana, ditargetkan rampung pada bulan Juli 2021 nanti. “Untuk mencapai herd immunity (kekebalan kelompok), perlu 75 persen warga divaksin, sekitar 225.000 jiwa penduduk Jembrana,” ujarnya.*ode

Komentar