nusabali

Pemkab Siapkan Anggaran Rp 4 Miliar

Rampungkan Mall Pelayanan Publik Jembrana

  • www.nusabali.com-pemkab-siapkan-anggaran-rp-4-miliar

NEGARA, NusaBali
Proyek pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) Jembrana di Jalan Udayana, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, sempat tertunda pada tahun 2020.

Proyek ini akan dilanjutkan pada tahun 2021. Rencananya, pembangunan MPP akan langsung dirampungkan tahun ini dengan anggaran Rp 4 miliar.

Plt Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Jembrana I Wayan Sudiarta, Jumat (19/3), mengatakan lanjutan pembangunan MPP itu sudah dianggarkan Rp 4 miliar di APBD Jembrana 2021. Anggaran itu mencakup biaya penataan halaman termasuk pengadaan fasilitas kerja. ‘’MPP Jembrana akan diselesaikan tahun ini. Sudah dianggarkan Rp 4 miliar,” ujarnya.

Terkait rencana pelaksanaan kegiatan tersebut, kata Sudiarta, kini masih dalam persiapan tender. Dari dinas sudah mengajukan dokumen ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa pada Setda Jembrana untuk selanjutnya ditenderkan. “Sudah masuk persiapan tender. Nanti kalau sudah ada pemenang tender, tinggal dikerjakan,” ucap Sudiarta yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jembrana ini.

Jika sudah rampung tahun ini, pembangunan MPP dari Dinas PUPRPKP Jembrana itu akan langsung diserahkan ke Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSPTK) Jembrana. “Nanti dari perizinan (Dinas PMPTSPTK) yang memanfaatkan. Bisa saja kalau pembangunan sudah selesai tahun ini, juga sudah bisa dimanfaatkan tahun ini,” ujar Sudiarta.

Seperti diketahui, khusus fisik gedung MPP ini telah rampung dibangun dengan anggaran sebesar Rp 5,6 miliar pada tahun 2019 lalu. Sebelumnya, ada rencana untuk melanjutkan kegiatan berupa penataan halaman dan pengadaan fasilitas kerja MPP itu pada tahun 2020 lalu. Tetapi karena pandemi Covid-19, lanjutan pembangunan MPP itu pun ditunda, dan akan dilaksanakan tahun ini.

Sesuai rencana, keberadaan MPP ini akan dijadikan tempat memberikan layanan terpadu. Sebelumnya, dari Dinas PMPTSPTK (Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja) Jembrana telah mendata sejumlah instansi yang berencana membuka layanan di MPP Jembrana. Dari pendataan sebelumnya, paling tidak ada 13 OPD Pemkab Jembrana, 6 instansi vertikal, dan 7 BUMN//BUMD yang akan membuka layanan  di MPP yang berlokasi di barat Kantor Camat Negara ini. *ode

Komentar