nusabali

325 Sulinggih dan 100 Pamangku Dapat Vaksin

  • www.nusabali.com-325-sulinggih-dan-100-pamangku-dapat-vaksin

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana memantau pelaksanaan vaksinasi serentak di GOR Gunung Agung, Jalan Untung Surapati Amlapura, Selasa (16/3).

Sebanyak 114 sulinggih dan 100 pamangku di Kabupaten Karangasem mendapatkan vaksin sinovac di GOR Gunung Agung. Sebanyak 211 sulinggih lainnya dapat vaksin di 10 puskesmas lainnya. Tak hanya memantau vaksinasi, Bupati dan warga juga nonton secara virtual arahan Presiden Joko Widodo yang menghadiri vaksinasi massal di Gianyar.

Koordinator Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, mengungkapkan sebanyak 325 sulinggih jalani vaksinasi di 10 puskesmas se-Karangasem dan GOR Gunung Agung Amlapura. Khusus untuk vaksinasi sulinggih dari wilayah kerja Puskesmas Karangasem I dan Puskesmas Bebandem dipusatkan di GOR Gunung Agung mulai pukul 09.00 Wita. Sebanyak 114 sulinggih dan 100 pamangku jalani vaksinasi di GOR Gunung Agung.

I Gusti Bagus Putra Pertama mengungkapkan, teknis pelayanan vaksinasi Covid-19 untuk sulinggih berbeda dibandingkan pelayanan seperti biasanya. Seluruh sulinggih ditempatkan di tempat khusus, di tribun atas dengan jaga jarak setiap sulinggih, tempat duduknya berjarak 1 meter. Selanjutnya petugas yang mendatangi para sulinggih, mendaftarkan sulinggih, kemudian melakukan skrining, cek tensi, lalu menyuntikkan vaksin. Setelah vaksin disuntikkan, para sulinggih disarankan menunggu reaksi vaksin selama 30 menit untuk memastikan KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi).

Petugas yang mengoordinasikan menyuntikkan vaksin ke sulinggih yakni dr I Gusti Lanang Udiyana, dr I Gede Dera Adnyana, dan dr I Komang Wirya. “Usai seluruh sulinggih menjalani vaksinasi dipastikan tidak ada KIPI,” jelas I Gusti Bagus Putra Pertama yang juga Kadis Kesehatan Karangasem. Turut menyaksikan vaksinasi untuk sulinggih yakni Wakil Bupati I Wayan Arta Dipa, Sekda I Ketut Sedana Merta, Kadis Kesehatan I Gusti Bagus Putra Pertama, Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga I Gusti Ngurah Kartika, Inspektur pada Inspektorat I Wayan Sudarsana, Kabag Kesra Setda Karangasem I Wayan Witrawan, dan Kabag Humas dan Protokol Edy Dwijantoro. Hadir juga Kajari Amlapura Aji Kalbu Pribadi, Ketua PN Amlapura I Wayan Suarta, Wakapolres Kompol Aris Purwanto, dan Dandim Letkol Inf Bima Santosa.

Selain di GOR Gunung Agung, juga berlangsung serentak melayani vaksinasi sulinggih di 10 puskesmas. Masing-masing Puskesmas Karangasem II sebanyak 24 sulinggih, Puskesmas Manggis I sebanyak 18 sulinggih, Puskesmas Manggis II sebanyak 19 sulinggih, Puskesmas Abang I sebanyak 8 sulinggih, Puskesmas Abang II sebanyak 8 sulinggih, Puskesmas Kubu I sebanyak 8 sulinggih, Puskesmas Kubu II sebanyak 8 sulinggih, Puskesmas Rendang sebanyak 24 sulinggih, Puskesmas Sidemen sebanyak 49 sulinggih, dan Puskesmas Selat sebanyak 45 sulinggih. Vaksinasi kedua dijadwalkan pada Selasa (30/3) nanti. *k16

Komentar