nusabali

242 Pamangku-Pengayah Jalani Vaksinasi Covid-19

Jelang Karya Tawur Tabuh Gentuh lan Ida Bhatara Turun Kabeh di Besakih

  • www.nusabali.com-242-pamangku-pengayah-jalani-vaksinasi-covid-19

Pamangku yang berusia di atas 60 tahun nantinya akan menjalani vaksinasi kedua, 9 April 2021. Sedangkan yang berusia di bawah 60 tahun, akan divaksinasi kedua per 26 Maret 2021

AMLAPURA, NusaBali

Sebanyak 242 pamangku dan pengayah di Pura Besakih, Desa dat Besakih, Kecamatan Redangk, Karangasem mendapat perlakuan khusus jelang Karya Tawur Tabuh Gentuh lan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh. Mereka diberikan suntik vaksin Covid-19 di Wantilan Kesari Warmadewa Pura Besakih, Jumat (12/3) pagi.

Pelaksanaan vaksinasi untuk 242 pamangku dan pengayah di Pura Besakih, Jumat pagi mulai pukul 08.00 Wita, dikoordinasikan oleh Kadis Kesehatan Karangasem, dr I Gusti Bagus Putra Pertama MM, yang sekaligus Koordinator Bidang Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karangasem. Kegiatan vaksinasi tersebut juga dihadiri Kepala Puskesmas Rendang dr Made Sudarmayasa, Kepala Puskesmas Selat dr I Gusti Lanang Udiyana, Camat Rendang I Wayan Mastra, Danramil Rendang Kapten CAJ I Nyoman Mangku, Perbekel Besakih I Wayan Benya, Bendesa Adat Besakih Jro Mangku Widiartha, Kabag Kesra Setda Kabupaten Karangasem I Wayan Witrawan.

Terungkap, vaksinasi Covid-19 untuk 242 pamangku dan pengayah di Pura Besakih ini terlaksana atas usulan dari Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Karangasem, I Wayan Witrawan. Dari 242 orang yang ikut vaksinasi kemarin, 44 orang di antaranya pecalang dengan dikoordinasikan Ketua Pecalang Desa Adat Besakih, Jro Mangku Wira.

Sedangkan pamangku yang vaksinasi sebanyak 48 orang. Mereka adalah para pamangku sajebag Pura Besakih, yang dikoordinasiakan Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiartha. Sementara selebihnya, adalah prajuru Desa Adat Besakih, Kelian Banjar Adat Besakih, dan Perangkat Desa Besakih.

Kadis Kesehatan Karangasem, IGB Putra Pertama, mengatakan tujuan utama mem-berikan pelayanan vaksinasi kepada pamangku, prajuru Desa Adat Besakih, pecalang, perangkat desa, dan pengayah lainnya, agar sebelum puncak Karya Tawur Tabuh Gentuh di Bencingah Agung Pura Besakih nanti, imun tubuh mereka meningkat, sehingga terbentuk antibodi untuk menangkal serangan Covid-19.

Puncak Karya Tawur Tabuh Gentuh akan dilaksanakan di Bencingah Agung Pura Besakih pas Tilem Kasanga pada Saniscara Pon Gumbreg, Sabtu (13/3) ini. Sedangkan puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Penataran Agung Besakih akan dilaksanakan pada Radite Pon Julungwangi, Minggu (28/3) mendatang.

Menurut Putra Pertama, karena pamangku dan pengayah yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di Pura Besakih kemarin kebanyakan umurnya sudah di atas 60 tahun, maka vaksinasi kedua diagendakan berlangsung 28 hari kemudian, 9 April 2021 mendatang. Sedangkan bagi pamangku dan pengayah yang umurnya masih di bawah 60 tahun, vaksinasi kedua akan dijalani 14 hari kemudian, yakni 26 Maret 2021 depan.

"Untuk yang umurnya di bawah 60 tahun, pertumbuhan antibodi untuk melawan Covid-19 relatif lebih cepat, yakni membutuhkan waktu 14 hari. Mereka akan menjalani vaksinasi kedua untuk merangsang tumbuhnya antibodi kebutuhan setahun," jelas Putra Pertama.

Paparan senada juga diungkapkan Kepala Puskesmas Selat, I Gusti Lanang Udiyana. "Tujuan vaksinasi Covid-19 ini untuk merangsang tumbuhnya antibodi. Jika telah ikut vaksinasi, dengan antibodi kuat, virus Covid-19 tidak akan mempan. Sebab, virus yang masuk dalam tubuh sudah melemah, tidak mampu lagi berkembang biak," papar Lanang Udiyana.

Sementara itu, pamangku Pura Besakih, Jro Mangku Suyasa, mengaku hanya merasakan sedikit nyeri saat disuntik vaksin Covid-19, Jumat kemarin. “Setelah disuntik, rasanya biasa saja,” tutur Jro Mangku Suyasa yang diamnini pamangku Pura Penataran Agung Besakih I Gusti Mangku Jana dan Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiartha. *k16

Komentar