nusabali

Parpol Papan Atas Paling Siap Verifikasi Parpol Pemilu 2024

Struktur Organisasi Sudah Tuntas dan Terkonsolidasi

  • www.nusabali.com-parpol-papan-atas-paling-siap-verifikasi-parpol-pemilu-2024

DENPASAR, NusaBali
Verifikasi partai politik (Parpol) peserta pemilu yang akan dimulai tahapannya awal tahun depan (2022) sudah diantisipasi parpol.

Parpol papan atas yang sudah langganan pemilu dari tahun ke tahun masih paling siap hadapi verifikasi parpol peserta Pemilu 2024 yang akan dimulai tahapannya awal tahun 2022 oleh KPU Bali.

PDIP Bali, Partai Golkar dan Partai Gerindra saat ini paling siap struktur organisasi partainya kalau verifikasi parpol peserta pemilu dilaksanakan. Karena mereka sudah konsolidasi sampai tingkatan anak ranting (tingkat banjar).

Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PDIP Bali, I Wayan Sutena dihubungi NusaBali, Selasa (2/3) mengatakan kepengurusan tingkat Provinsi Bali (DPD), kabupaten dan kota (DPC), pengurus kecamatan (DPAC), ranting (tingkat desa) sampai anak ranting (Banjar) sudah terkonsolidasi dengan terbentuknya kepengurusan sampai Sekretariat. "Jadi konsolidasi organisasi dan internal di PDIP Provinsi Bali sudah tuntas Maret 2020. Kalau verifikasi parpol peserta pemilu tahun depan atau awal 2022 dilaksanakan, ya kita paling siap. Kantor, kepengurusan semuanya sudah terbentuk dan siap," ujar Sutena.

Politisi asal Desa Tegak, Kecamatan/Kabupaten Klungkung ini mengatakan verifikasi parpol peserta pemilu biasanya menyangkut alamat kantor, persentase kepengurusan di tingkat provinsi dan kabupaten yang nantinya akan jadi persyaratan nasional. "Kalau di Bali sudah tuntas 100 persen. Karena konsolidasi di PDI Perjuangan itu secara periodik dan selalu tuntas tiap lima tahun. Tinggal bertarung pemilu saja kita di 2024," tegas mantan Ketua DPC PDIP Klungkung ini.

Sementara Ketua Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPD I Golkar Bali, Dewa Made Suamba Negara, secara terpisah menyebutkan konsolidasi, pembentukan struktur kepengurusan Partai Golkar dari provinsi, kabupaten sampai kecamatan sudah selesai. "Untuk musyawarah kecamatan (Muscam) baru tuntas awal Januari 2021. Jadi secara internal konsolidasi di Golkar Bali sudah tidak ada persoalan dan siap hadapi verifikasi parpol peserta pemilu. Perkiraan kan awal tahun 2022. Sudah tidak ada masalah. Karena kantor partai, kepengurusan sudah lengkap semuanya," ujar mantan Anggota DPRD Bali periode 2004-2009 ini.

Suamba Negara pun mengatakan optimisme terkonsolidasinya Partai Golkar di level provinsi, 9 kabupaten dan kota hingga 57 kecamatan serta di desa dan kelurahan akan menjadi modal untuk bertarung di Pileg 2024 mendatang. "Mudah-mudahan dengan konsolidasi internal dan kegiatan sosial dan kemasyarakatan Golkar di kabupaten dan kota, kepercayaan masyarakat semakin meningkat dan Golkar bisa meraih kemenangan di 2024," tegas mantan Sekretaris DPD I Golkar Bali ini.

Sementara Partai Gerindra Bali juga optimis tuntaskan konsolidasi dan siap hadapi verifikasi parpol. Ketua OKK DPD Gerindra Provinsi Bali, Made Gde Ray Misno secara terpisah mengatakan konsolidasi internal Gerindra di level kabupaten dan kota sedang berjalan saat ini.

"DPD Gerindra sudah instruksikan untuk tuntaskan membentuk kepengurusan di level kecamatan, sampai desa atau ranting sampai tahun 2021. Verifikasi tahun 2022 sudah siap, untuk Pemilu 2024 target menjadi pemenang," ujar Ray Misno.

Kata Ray Misno, instruksi konsolidasi dengan membentuk kepengurusan dan Sekretariat sampai level kecamatan dan desa sudah disampaikan dalam Rakorda DPD Gerindra Bali, belum lama ini. "Jadi tidak ada istilah tidak siap. Tahun 2024 sudah siap tempur dengan kondisi terkonsolidasi sampai ke banjar-banjar," ujar mantan Ketua KPU Kota Denpasar ini. *nat

Komentar