nusabali

Pemenang Denpasar Innovation Day 2021 Diumumkan

Walikota Rai Mantra Ajak Generasi Milenial Terus Kreatif

  • www.nusabali.com-pemenang-denpasar-innovation-day-2021-diumumkan

DENPASAR, NusaBali
Denpasar Innovation Day (DID) 2021 merupakan salah satu perlombaan yang diadakan oleh Pemkot Denpasar dalam rangka memperingati hari jadi Kota Denpasar ke-233.

Lomba ini merupakan ajang untuk menjaring solusi inovatif 'Generasi Milenial' seluruh Bali dalam menciptakan karya inovasi yang berdampak pada kehidupan masyarakat luas, khususnya solusi dalam penanganan dan membangkitkan sektor-sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Karya inovasi akan menjadi solusi bagi permasalahan di lingkungan, sesuai dengan tema kegiatan yaitu 'Creativity and Innovation in the Pandemic'.

Setelah melalui berbagai tahapan yang panjang, pemenang Denpasar Inovation Day (DID) tahun 2021 resmi diumumkan. Sebanyak, 10 juara ditetapkan dari tiga kategori. Pengumuman pemenang dihadiri langsung Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra secara virtual meeting di Kediaman Walikota Denpasar, Rabu (9/2).

Dalam sambutannya, Walikota Rai Mantra memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Denpasar Inovation Day yang kedua pada tahun 2021 ini. Ternyata generasi muda di Bali khususnya di Denpasar tetap bersemangat dalam berinovasi dan berkreatifitas.

Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah peserta yang mengikuti lomba, dengan menampilkan inovasi-inovasi terbaik yang dimiliki baik dari peserta di kategori SMP, SMA maupun kategori umum yang melibatkan Mahasiswa dan masyarakat.

Animo yang tinggi ini sekaligus membuktikan bahwa generasi milenial yang inovatif dan kreatif ini, ingin berkontribusi melaui ide-ide sederhana dan bermanfaat, tidak saja bagi pelaksanaan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Denpasar, tetapi juga bagi perkembangan diri sendiri. “Saya berpesan kepada seluruh generasi milenial di Bali khususnya di Denpasar bahwa kreativitas dan inovasi tidak boleh mati, karena tidak kreatif dan tidak inovatif sama artinya dengan kalah menghadapi kehidupan. Saya pernah sampaikan, kita tidak salah bila kere-aktif menjadi sebuah kata yang penuh makna, meskipun kere asalkan tetap aktif, maka itulah yang akan survive," tegas Rai Mantra.

Rai Mantra juga mengucapkan terimakasih kepada juri yang terdiri dari unsur akademisi, praktisi dan industri, termasuk juri dari UNESCO dan Smart Frend, yang telah mendukung Pemkot Denpasar dalam menjaring inovasi-inovasi terbaik karya generasi milenial. Diharapkan kepada pemenang agar inovasinya bisa terus dikembangkan untuk menciptakan produk inovasi yang berdaya saing, dan jangan bosan untuk terus berinovasi.

Sementara, Kapala Balitbang Kota Denpasar, Putu Naning Djayaningsih mengatakan bahwa dalam era digital seperti saat ini, perubahan pasti terjadi. Untungnya, generasi milenial sangat peka dan adaptif terhadap perubahan yang terjadi.

“Walaupun di tengah masa pandemi, para pelaku industri maupun generasi muda memperluas wawasan dan mengasah keterampilan, sehingga nantinya dapat menciptakan terobosan atau pola bisnis yang mampu beradaptasi dengan situasi, terlebih saat ini kita berada pada masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Untuk diketahui, tahapan kegiatan sudah terlaksana sejak akhir tahun 2020 lalu tepatnya pada bulan Desember diikuti oleh 155 orang. Dari jumlah tersebut terdapat empat kategori, yakni Pelajar SMP sebanyak 25 orang, Pelajar SMA sebanyak 25 orang, dan dari kategori Umum sebanyak 105 orang.

Adapun 10 orang pemenang, yakni kategori Pelajar SMP berturut-turut dari Juara I, II dan III, yakni Anak Agung Istri Yuri Pratista Savitri, Gede Aria Arsa Wibawa dan Agnesheia Sheshilia Febry Ayuda. Kategori SMA Juara I, II dan III yakni Ni Putu Diva Mahayanti GH, Kadek Cahyani Krishna Dewi dan Ni Putu Gesika Hilliana Dewi.

Sedangkan dari Katagori Umum Juara I, II dan III yakni I Bagus Ngurah Alit Putra Wiryawan, Cok Istri Agung Wulandari dan Nyoman Gede Tryadhi Putra Setiawan. Lalu 1 orang Juara Favorite dari jumlah like video DID terbanyak di Instagram, yakni I Ketut Andika Pradnyana. *mis

Komentar