nusabali

Gapura Pura Gumang Tuntas Sebelum Mamungkah

  • www.nusabali.com-gapura-pura-gumang-tuntas-sebelum-mamungkah

AMLAPURA, NusaBali
Gapura dan penataan parkir Pura Gumang di Banjar Celuk Kauh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem ditarget tuntas Juni 2021 atau sebelum karya Mamungkah.

Gapura akan diplaspas bersamaan Karya Mamungkah lan Nubung Daging di Pura Gumang pada Anggara Kliwon Kulantir, Purnama Kapat, Selasa (21/9). Pembangunan untuk mendukung pariwisata dengan anggaran Rp 2,5 miliar ini telah tuntas 40 persen.

Bendesa Adat Bugbug, I Nyoman Purwa Ngurah Arsana, memantau tahapan cor beton pada tangga, Selasa (9/2). Pembangunan gapura dan penataan parkir Pura Gumang dimulai sejak Minggu (8/1) dengan meratakan lahan bukit menggunakan dua ekskavator. Lamanya pengerjaan diperkirakan selama 5 bulan. “Nanti tersedia tempat parkir yang strategis dan nyaman buat pamedek, tidak lagi parkir menggunakan bahu jalan,” ungkap Nyoman Purwa.

Dijelaskan, pembangunan gapura itu punya dua fungsi, selain untuk kepentingan pamedek saat upacara, juga kepentingan pariwisata. Gapura itu nantinya jadi pintu gerbangnya Karangasem, lokasinya di Desa Adat Bugbug, dengan panorama alam bukit dan laut ke arah selatan. Pembangunan itu juga memudahkan setiap pengendara yang akan menggelar persembahyangan sebelum melanjutkan perjalanan, sehingga parkirnya nanti tidak lagi di bahu jalan.

Desa Adat Bugbug juga membuka jalan baru sejauh 600 meter hingga ke puncak Bukit Gumang untuk memudahkan akses pamedek membawa upacara. Ketua Panitia I Wayan Segara mengatakan, tahapan pembangunan gapura sesuai target. “Tinggal menuntaskan cor beton untuk tangga, selanjutnya finishing,” kata Wayan Segara. Gapura itu juga sebagai objek wisata, tempat selfie, dan tempat bersantai. Lokasinya cantik dengan panorama laut, lembah, dan bukit di sekitarnya. Juga adanya populasi ribuan kera sebagai daya pikat objek.

Baga Parahyangan Desa Adat Bugbug, I Wayan Artana mengapresiasi pembangunan pura dan jalan baru hingga ke puncak Bukit Gumang. Sehingga pamedek tidak lagi kesulitan membawa upacara saat ada upacara. “Pembangunan ini untuk kepentingan destinasi pariwisata dan kepentingan kelancaran pamedek ke Pura Gumang, yang lokasinya di puncak Bukit Gumang,” kata Wayan Artana yang juga Kasek SMKN Amlapura. *k16

Komentar