nusabali

Hari Ini, Bupati Gianyar Agendakan Lantik 6 Pejabat Eselon II Hasil Proses Lelang

Istri Bupati Dikukuhkan Jadi Staf Ahli

  • www.nusabali.com-hari-ini-bupati-gianyar-agendakan-lantik-6-pejabat-eselon-ii-hasil-proses-lelang

GIANYAR, NusaBali
Bupati I Made Agus Mahayastra akan melantik 7 pejabat Eselon II Pemkab Gianyar tepat Purnamaning Kaulu pada Wraspati Wage Watugunung, Kamis (28/1) pagi ini.

Dari 7 pejabat Eselon II yang akan dilantik tersebut, 6 orang di antaranya merupakan hasil lelang (seleksi terbuka), sementara 1 orang lagi mengalami mutasi biasa.  Kepastian pelantikan 7 pejabat Eselon II ini terungkap setelah Pemkab Gianyar melalui Ketua Panitia Seleksi (Pansel) yang notabene Asisten II Setda Kabupaten Gianyar, I Made Suradnya, mengumumkan hasil proses lelang, Rabu (27/1).

Enam (6) pejabat Eselon II hasil lelang melalui Panitia Seleksi (Pansel) tersebut, termasuk di antaranya Ida Ayu Ketut Surya Adnyani SE MAP, yang notabene istri Bupati Agus Mahayastra. Surya Adnyani yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas (Sekdis) Pemberdayaan Masyakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gianuar, akan dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra). Surya Adnyani mengisi posisi yang ditinggalkan Ngakan Putu Darma Jati, yang sebelumnya dimutasi menjadi Asisten III Setda Kabupaten Gianyar.

Dalam proses lelang jabatan Calon Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra, Surya Adnyani meraih nilai tertinggi 82,97. Dia mengungguli Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Gianyar I Made Sudita (yang raih nilai 78,28) dan Kabid Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja Desak Putu Bintari (nilai 73,37).

Sedangkan 5 pejabat Eselon II hasil proses lelang yang akan dilantik pagi ini, meliputi pertama, Anak Agung Gede Raka Suryadiputra AP, Camat Payangan yang meraih nilai tertinggi untuk seleksi calon Kadis Kominfo Gianyar. Kedua, I Wayan Wirasa SSos MAP, Inspektur Pembantu Inspektorat Gianyar yang akan dilantik menjadi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Gianyar). Ketiga, Drs Ida Bagus Putu Suamba MSi, Camat Ubud akan menduduki jabatan Kepala BPBD Gianyar.

Keempat, Ni Made Mirnawati SSTP Msi, Sekretaris Dinas Perindutrian dan Perdagangan Gianyar yang akan dilantik menduduki jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gianyar. Kelima, Ir I Gusti Agung Sri Widiawati MSi, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Gianyar yang akan menduduki jabatan Kadis Kebudayaan Gianyar.

Dalam lelang jabatan tersebut, posisi Kadis Kebudayaan Gianyar tergolong khusus. Pasalnya, jabatan ini dilelang ketika pejabat sebelumnya masih aktif di posisinya, I Ketut Mudana. Berbeda dengan 5 jabatan lainnya, yang dilelang karena posisinya kosong akibat ditinggal pensiun pejabat sebelumnya, ada pula yang dimutasi.

Ketut Mudana sendiri akan dilantik menjadi Asisten I Setda Kabupaten Gianyar, Kamis pagi ini. Pejabat bergelar Doktor Ilmu Ekonomi asal Kelurahan Samplangan, Kecamatan Gianyar ini hingga Rabu kemarin masih merangkap sebagai Plt Asisten I, mengisi posisi kosong yang ditinggal pensiun I Ketut Suardana.

Saat dikonfirmasi NusaBali, Rabu kemarin, Bupati Agus Mahayastra mengakui akan ada pelantikan 7 pejabat Eselon II pagi ini. Mahayastra mengaku tak pernah memerintahkan Pansel untuk merahasiakan proses lelang 6 jabatan Eselon II tersebut.

Menurut Mahayastra, pengumuman hasil lelang oleh Pansel itu baru kemarin diumumkan ke publik, karena tak ada pihak yang menanyakannya. “Kewenangan mengumumkan itu kan ada di Pansel. Saya sudah suruh Pansel mengumumkan proses ini secara terbuka sejak awal,” tandas Bupati asal Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Gianyar yang juga Ketua DPC PDIP Gianyar ini.

Terkait lolosnya sang istri, Dayu Surya Adnyani, sebagai Staf Ahli Bupati, menurut Mahayastra, istrinya itu adalah Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Gianyar memerlukan kosentrasi penuh, sehingga lebih mudah untuk berkoodinasi. Mahayastra menyatakan istrinya akan berkantor sesuai kebutuhan kerja, antara Staf Ahli dan TP PKK. “Jadi Staf Ahli tak seberat menjadi Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar dan Sekretaris PMD Gianyar. Ketua TP PKK Kabuaten itu perlu konsentrasi penuh,” jelasnya.

Mahayastra mengakui jabatan Kepala Dinas Kesehatan Gianyar yang ditinggal pensiun oleh dr Ida Ayu Cahyani Widyawati, kini masih dikosongkan. Posisi ini masih dijabat Plt oleh Dirut RSUD Sanjiwani Gianyar, dr Ida Komang Upeksa. *lsa

Komentar