nusabali

Ditilang, Pelanggar Lalin Menangis

  • www.nusabali.com-ditilang-pelanggar-lalin-menangis

Jajaran Polres Gianyar menggelar Operasi Zebra Agung 2016 di Jalan Raya Bukit Jati, Kelurahan Samplangan, Gianyar, Rabu (16/11).

Palanggar Tilang Wajib Sidang di PN

GIANYAR, NusaBali
Para pelanggar wajib mengikuti sidang tilang di Pengadilan Negeri (PN) Gianyar, sesuai waktu yang telah ditentukan. Kabag Ops Polres Gianyar Kompol Ketut Dana menjelaskan Operasi Zabra Agung 2016 dilaksanakan 16-29 November. Sasarannya, kelengkapan surat-surat kendaraan, penggunaan helm yang tidak sesuai standar SNI, dan bagi mereka yang melanggar marka jalan. “Para petugas saat ini tidak boleh menerima titipan uang tilang,” tegasnya.

Salah seorang pengendara sepeda motor yang pelanggar lalin (lalu lintas), I Wayan Deden Setyawan,15, menangis karena ditilang petugas. Sejumlah polisi pun mendekati dan mencoba menenangkannya. Setyawan datang dari arah timur, kemudian dihentikan petugas. Namun ia tak bisa menunjukkan surat-surat kendaraan dan belum memiliki SIM. Ia pun ditilang. Namun sebelum petugas menulis surat tilang, ia menangis.

Karena tidak ada surat-surat sama sekali akhirnya petugas mengambil motor yang bersangkutan. Setyawan panik dan merengek agar sepeda motor Yamaha Jupiter DK 4032 LV mliknya, tidak diambil.  Ia mencoba menghubungi orangtuanya agar dijemput. Ia berencana pergi ke rumah teman di Desa Selat, Gianyar. Ia mengaku baru pulang dari mengikuti upacara Napak Tilas di Lapangan Astina Gianyar. Setyawan mengaku ayahnya sedang bekerja, dan ibunya sakit. Ia mengaku sering mengendarai sepeda motor seorang diri. Beberapa menit kemudian ayah Setyawan datang untuk menjemputnya dan membawa surat-surat kendaraan.

Sementara itu, operasi yang sama juga digelar jajaran Polres Klungkung, usai apel gelar pasukan di Halaman Mapolres Klungkung, Rabu (16/11) pagi. Upacara ini dihadiri Waka Polres Klungkung Kompol Nengah Sadiarta, para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, Kodim 1610 Klungkung, Dishubkominfo, dan Sat Pol PP Klungkung.

Kepala Korps lalu Lintas Polri Irjen Pol Agung Budimaryoto, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kapolres Klungkung AKBP FX Arendra Wahyudi, operasi Zebra Agung 2016 untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Terutama menjelang Hari raya natal dan Tahun Baru 2017. Operasi ini digelar 14 hari, 16-29 November 2016 dengan mengedepankan penegakan hokum. *cr62, wa

Komentar