nusabali

Pengaman Saluran Bisa Dijadikan Jogging Track

  • www.nusabali.com-pengaman-saluran-bisa-dijadikan-jogging-track

Penataan kawasan Pura Taman Ayun sebagai warisan budaya dunia terus dilakukan oleh pemerintah.

Penataan Areal Taman Ayun


MANGUPURA, NusaBali
Tak hanya penataan kolam di areal Taman Ayun, kini pemerintah juga membangun jalan setapak sebagai barrier atau pengaman saluran. Menariknya barrier tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai jogging track.

Kabid Pengairan Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Kabupaten Badung AA Gede Dalem, menuturkan, di saluran yang kini ditata tersebut mengalami penyempitan. Karena itu perbaikan dilakukan juga dengan maksud agar tidak terjadi penyerobotan sempadan. “Dulu hanya 1,5 meter saja, kini perbaikan alur menjadi 3 meter,” kata Gung Dalem, sapaan AA Gede Dalem, Senin (14/11).

Hasil kesepakatan dengan warga, pembangunan jalan setapak sebagai barrier atau pengaman saluran. Jalan tersebut juga bisa dijadikan akses masyarakat menuju Taman Ayun. Bahkan bisa dijadikan arena jogging track dan wisata. “Nantinya jalan itu bisa dijadikan jogging track oleh masyarakat dan pengunjung,” tuturnya.

Adapun proyek pengerjaan saluran di Taman Ayun ini, ungkap Gung Dalem, memiliki panjang 900 meter. Proyek menghabiskan anggaran mencapai Rp 2,5 miliar. Dikatakannya, pada pertengahan Desember 2016 ini dipastikan proyek tersebut sudah selesai dikerjakan.

“Sekarang kemajuan proyek sudah 70 persen,” katanya sembari menegaskan penataan lanjutan juga akan dilakukan. Tak menutup kemungkinan di tempat tersebut  akan dilengkapi dengan taman dan lampu penerangan.  asa

Komentar