nusabali

Warga Berharap Pemkab Benahi Pasar Kintamani

  • www.nusabali.com-warga-berharap-pemkab-benahi-pasar-kintamani

Warga meminta Pemkab Bangli segera melakukan penataan terhadap Pasar Kintamani.

BANGLI, NusaBali

Permintaan warga tersebut lantaran merasa tidak tahan lagi menyaksikan kondisi Pasar Kintamani, yang dari waktu ke waktu semakin semrawut. Atap los, kios semakin banyak yang rapuh dan berlubang. Di sisi lain, jalan lingkar dan penataan parkir di depan pasar juga belum jelas pelaksanaannya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kabupaten Bangli I Nengah Sudibya tak bisa dikonfirmasi terkait desakan warga tersebut. Ponselnya menunjukkan ada nada sambung, namun tak diangkat ketika beberapa kali dihubungi. Demikian juga ketika diminta konfirmasi via SMS, belum ada jawaban dari yang bersangkutan.

Namun sebelumnya, Sudibya memastikan rencana penataan tersebut, khususnya penataan parkir dan perbaikan jalan lingkar pasar. “Itu akan diproses di UPL (unit pengadaan langsung),” ujar Sudibya. Realisasi perbaikan dilakukan pada APBD Perubahan 2016.

Untuk diketahui Pasar Umum Kintamani yang nama resminya Pasar Singamandawa merupakan pasar induk atau pasar terbesar di Bangli bagian utara. Sebagai pasar induk, Pasar Kintamani merupakan salah satu sentra kegiatan perekonomian warga. Yang datang berbelanja bukan saja warga Kintamani, Bangli, namun juga warga dari luar Bangli. Di antaranya Buleleng, Karangasem, Klungkung, dan Gianyar. Para pedagang asal luar, sebagian besar pedagang besar. Mereka membeli barang dalam jumlah banyak, seperti jeruk, kol, dan lainnya, untuk dijual kembali di tempat lain. k17

Komentar