nusabali

Komunitas Ikan Louhan di Bali Capai Ribuan Penggemar

  • www.nusabali.com-komunitas-ikan-louhan-di-bali-capai-ribuan-penggemar

DENPASAR, NusaBali
Penggemar ikan Louhan di Bali mencapai ribuan orang. Meski baru terbentuk lima tahun silam, jumlah anggota terdata 2.000 orang.

Jumlah itu berdasar  anggota yang terdata di Facebook Bali Louhan Community (BLC). “Sebelumnya malah sempat tembus 7.000 orang,” kata Jimmy, salah satu anggota aktif BLC.

BLC  yang  berada di bawah naungan Perhimpunan Pecinta Louhan Indonesia (P2LI) memang sempat vakum. “Kami aktif lagi tahun 2018,” ujar Jimmy.

Kini sejumlah kontes berkali-kali digelar oleh BLC. Terakhir gelaran Bali Louhan Competition yang diadakan 11-15 November 2020 di Dharma Negara Alaya (DNA) Denpasar adalah kontes yang kelima kalinya. Kontes yang difasilitasi Pemkot Denpasar ini serangkaian dengan ajang Denpasar Festival 2020.

Komunitas ini sering juga berkumpul di tempat sang ketua, Gusti Ngurah Dwija Sumartika. Menyikapi jumlah anggota yang tidak sedikit, beberapa anggota BLC pun membentuk kelompok-kelompok kecil agar setiap anggota bisa terfasilitasi dengan baik.

Meskipun memang ikan louhan sempat naik daun pada sekitar tahun 2000an, peminatnya yang masih banyak membuat komunitas ini semakin semangat memfasilitasi setiap anggotanya. “Supaya penghobi baru juga bisa belajar lebih dalam lagi tentang pengembangan ikan louhan yang baik dan benar serta bisa mendatangkan keuntungan juga,” tutup Jimmy.*cla

loading...

Komentar