nusabali

Peringatan HUT Ke-5, SMK TI Bali Global Gelar Aneka Lomba

  • www.nusabali.com-peringatan-hut-ke-5-smk-ti-bali-global-gelar-aneka-lomba

SEMARAPURA, NusaBali
SMK Teknologi Informasi (TI) Bali Global Klungkung menggelar aneka lomba serangkaian peringatan HUT sekolah ke-5, puncaknya Selasa (10/11) lalu.

Tema yang diusung pada perayaan HUT ini1, ‘Berprestasi dengan Teknologi di Era Pandemi Covid-19’.
Lomba digelar 4 - 7 November 2020, yakni Lomba Fotografi, Video Kreatif, Tiktok Kreatif, Karikatur, Video Ucapan Ulang Tahun, dan SMK TI Got Talent. Seluruh lomba dilaksanakan secara daring (dalam jaringan).

Peserta lomba 238 orang terdiri dari 120 peserta dari sekolah se-Kabupaten Bangli, Klungkung, Gianyar, dan Karangasem, serta 118 siswa dari SMK TI Bali Global Klungkung. Penyerahan hadiah pemenang pada puncak HUT di aula sekolah, 10 November 2020.

Dalam kesempatan itu hadir, Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar Drs Ida Bagus Dharmadiaksa  MSiAk, Pengawas SMK Provinsi Bali di Klungkung Ida Bagus Wayan Widiasa Keniten SPdMpd, siswa pemenang dan pendamping, dan lainnya.

Pemenang Lomba Fotografi I Gusti Ayu Agung Bulan Pratiwi (SMPN 1 Sidemen, Karangasem) Juara I, I Putu Bala Wiksa (SMPN 2 Selat, Karangasem) Juara II, Ni Komang Pratiwi Damayanti (SMPN 2 Rendang, Karangasem) Juara III.

Lomba Karikatur Juara I Luh Ade Sadnyani (SMPN 3 Rendang, Karangasem),    I Made Danan Adi Laksana (SMP N 2 Semarapura) Juara II, I Wayan Artha Wiguna (SMPN 1 Sidemen) Juara III.

Lomba Tiktok Kreatif Gusti Ayu Bulan Pratami (SMPN 1 Sidemen) Juara I, Made Chichilia Angga Christina (SMPN 1 Semarapura) Juara II, Ni Putu Nila Amelia Putri (SMPN 1 Banjarangkan), juara III. Lomba Video Kreatif, Ni Kadek Intan Prasetya Devi  (SMPN 4 Semarapura) Juara I, I Putu Oka Semara Putra (SMPN 2 Dawan) Juara II, I Nengah Adi Guna (SMPN 3 Sidemen) Juara III. "Teknologi merupakan jiwa dari sekolah ini. Kami merupakan bagian dari teknologi. Kami ingin mengobarkan semangat yang sama menjawab tantangan global saat ini," ujar ketua panitia Delta Mahadewa S Kom.

Kepala SMK TI Bali Global Klungkung I Gusti Lanang Made Puji MPd mengatakan, di era revolusi industry 4.0 diperlukan suatu keterampilan yang dapat mengantarkan  peserta didik untuk sukses dalam kehidupan. "Untuk itu kami selalu berusaha mengembangkan softskill dari peserta didik. Kami menyadari pada implementasi di lapangan,  softskill jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan penguasaan hardskill," ujar Gusti Lanang.

Meskipun demikia, jelas dia, softskill dan hardskill selalu dikembangkan di sekolah. Karena hal ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan khususnya abad 21. Keterampilan abad 21 dimaksudkan adalah setiap orang harus menguasai 4 C (Communication, Collaboration, Critical thinking and problem solving, dan Creativity and Innovation). "Di SMK TI Bali Global Klungkung 4C ini diterapkan melalui kegiatan pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa, memberikan masalah-masalah otentik untuk dipecahkan secara kolaboratif,  memberikan  tugas-tugas mandiri agar siswa kreatif dan inovatif serta pembelajaran daring.

Di samping pembelajaran tatap muka dan daring kompetensi 4 C (softskill) siswa juga dilatih melalui kegiatan ekstrakurikuler , hal ini untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik, makanya berbagai jenis ekstra selalu dikembangkan disekolah. Keterampilan yang dikembangkan di sekolah agar dapat dijadikan bekal oleh peserta didik untuk terjun kedunia usaha dan Industri serta bekal mererka setelah nanti menamatkan pendidikan untuk terjun ke masyarakat. Sehingga kedepan tidak ada tamatan SMK TI Bali Global Klungkung yang mengganggur. ‘’Semua kegiatan sekolah selalu mengedepankan protokol kesehatan," katanya. *wan

loading...

Komentar