nusabali

Seluruh Pegawai Pemkab Akan Dites Swab

  • www.nusabali.com-seluruh-pegawai-pemkab-akan-dites-swab

NEGARA, NusaBali
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Jembrana merencanakan tes swab kepada seluruh pegawai di lingkup Pemkab Jembrana.

Tes serangkaian memaksimalkan penanganan Covid-19, akan dilaksanakan secara bertahap, sebagaimana tes swab untuk seluruh jajaran TNI dan Polri di Jembrana. Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, Selasa (3/11), mengatakan, rencana tes swab itu sesuai hasil rapat koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali yang diikuti seluruh jajaran kabupaten se-Bali, beberapa waktu lalu. “Poin penting dalam rapat itu agar lebih meningkatkan 3 T, yakni testing, tracing, dan treatment. Waktu ini sudah disampaikan, sehari di Bali dapat melakukan testing 2.000 - 2.500. Dari kebijakan Satgas Provinsi, jadi selain tes terhadap kontak tracing,  agar dilakukan swab terhadap petugas garda terdepan yang beresiko. Itu termasuk TNI, Polri, dan seluruh pegawai Pemkab,” ujarnya.

Selain itu, sambung Arisantha, testing itu juga akan menyasar warga atau kelompok-kelompok yang bekerja di institusi yang berhadapan langsung dengan publik. Terkait dengan instruksi itu, di Jembrana telah diawali tes swab di kalangan jajaran Polres Jembrana. Tes swab kepada anggota Polres mulai Senin (2/11), dan terus akan dilaksanakan secara bertahap hingga diikuti seluruh jajaran Polres. Begitu juga berlanjut  ke TNI, jajaran pegawai Pemkab dan petugas-petugas lainnya. “Nanti dilaksanakan bertahap, setiap jadwal swab kontak tracing. Jadwalnya, setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat,” ujarnya.

Menurut Arisantha, petugas tim swab di Jembrana, juga sudah cukup siap untuk peningkatan testing tersebut. Di mana dalam sekali pelaksanaan swab, tim bisa menswab hingga 90-100 orang. “Nanti kita atur berapa orang yang bisa diswab yang di luar kontak tracing. Kalau ternyata sedikit yang kontak tracing, bisa lebih banyak kita ambil,” ucap Arisantha yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Jembrana ini. *ode

Komentar