nusabali

Suastika Target Tingkatkan PAD Bangli

Resmi Dilantik Pimpin DPRD Bangli Gantikan Wayan Diar

  • www.nusabali.com-suastika-target-tingkatkan-pad-bangli

Selain pelantikan I Ketut Suastika sebagai Ketua DPRD, juga dilakukan pelantikan Ni Wayan Srianing, 43, jadi anggota DPRD Bangli berstatus PAW.

BANGLI, NusaBali
Rapat paripurna DPRD Bangli dalam rangka pengucapan sumpah/janji ketua dan PAW anggota DPRD Bangli dilaksanakan di ruang sidang DPRD Bangli, Senin (26/10). I Ketut Suastika dilantik sebagai Ketua DPRD Bangli menggantikan I Wayan Diar yang mundur sebagai ketua dan anggota DPRD Bangli karena maju sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) di Pilkada Bangli 2020. Pasca dilantik sejumlah agenda menanti. Suastika menyebut salah satu targetnya, yakni meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Sementara untuk PAW Wayan Diar, yakni Ni Wayan Srianing.  Rapat paripurna DPRD Bangli kemarin dihadiri Bupati Bangli, I Made Gianyar, Calon Bupati (Cabup) Bangli yang juga Wakil Bupati Bangli (cuti kampanye), Sang Nyoman Sedana Arta serta jajaran Forkompinda Bangli. Pengambilan sumpah/janji dipimpin Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bangli, I Gede Putu Saptawan.

Usai pelantikan, Ketua DPRD Bangli yang baru, Ketut Suastika, mengatakan agenda dalam waktu dekat, yakni pembahasan rancangan APBD Induk 2021. Menurut politisi asal Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku ini APBD 2021 juga akan difokuskan untuk penanganan Covid-19. Selain itu juga fokus untuk anggaran belanja di sektor pendidikan dan kesehatan.

"Kami akan melanjutkan apa yang dilaksanakan oleh Ketua DPRD yang sebelumnya," ungkapnya. Disinggung soal target, Ketut Suastika mengatakan jika DPRD bersinergi dengan Bupati untuk meningkatkan PAD. Dikatakannya, Bangli memliki potensi yang besar untuk itu perlu penanganan yang tepat. "Tidak ada gunanya kita banyak program kalau pendapatan kita masih rendah. Seperti kita ketahui kemandirian daerah Bangli dari sektor anggaran terbawah," sebutnya.

Politisi PDIP ini menyebutkan pentingnya sinergi dengan pemerintah provinsi dan pusat. "Selama ini kita selalu disusui pemerintahan di atas. Kita perlu membangun pondasi. Bangli memiliki potensi dan kita perlu gerakkan ekonomi," ujarnya.

Ketut Suastika berharap seluruh pihak baik pemerintah maupun masyarakat saling bahu-membahu untuk bersama-sama membangun Bangli. Di sisi lain, Bupati Bangli, I Made Gianyar dalam sambutannya mengatakan masih banyak program yang harus dilakukan Pemkab Bangli. Maka dari itu perlu kerjasama seluruh stakeholder. "Semoga kita dapat bekerjasama demi kemajuan Bangli. Kami berharap seluruh komponen yang terlibat untuk menjaga suasana kondusif, terlebih saat ini sedang berlangsung Pilkada Bangli," ungkapnya.

Seperti diketahui posisi Ketua DPRD Bangli yang sebelumnya dijabat oleh I Wayan Diar kosong, karena yang bersangkutan mengundurkan diri untuk maju sebagai Cawabup Bangli dalam Pilkada Bangli 2020. Wayan Diar berpasangan dengan Sang Nyoman Sedana Arta diusung PDIP dan koalisi. I Ketut Suastika, 51, merupakan anggota Fraksi PDIP DPRD Bangli. Saat ini dia menjabat sebagai Bendahara DPC PDIP Bangli.

Selain pelantikan I Ketut Suastika sebagai Ketua DPRD Bangli, kemarin Ni Wayan Srianing, 43, juga dilantik sebagai anggota DPRD Bangli 2019-2024 Dapil Kintamani Barat (PDIP) dengan status pengganti antar waktu (PAW). Srianing menggantikan I Wayan Diar yang undur diri sebagai anggota DPRD Bangli karena bertarung sebagai Calon Wakil Bupati di Pilkada Bangli 2020. *esa

loading...

Komentar