nusabali

Desa Amerta Bhuana Jaring 11 Calon BPD

  • www.nusabali.com-desa-amerta-bhuana-jaring-11-calon-bpd

AMLAPURA, NusaBali
Desa Amerta Bhuana, Kecamatan Selat, Karangasem menjaring 11 calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Sesuai kuota dengan penduduk di bawah 4.000 jiwa, Desa Amerta Bhuana didukung oleh 7 anggota BPD. Masyarakat akan melakukan pemilihan pada Senin (19/10) nanti.

Perbekel Desa Amerta Bhuana, I Wayan Suara Arsana, mengatakan calon anggota BPD telah muncul di empat banjar dinas. Ada 11 calon BPD, termasuk keterwakilan perempuaan. Dijelaskan, tiap banjar melakukan pemilihan dengan mencoblos gambar calon. Peraih suara terbanyak di masing-masing banjar dinas ditetapkan jadi anggota BPD. Kuota anggota dari banjar dinas bervariasi, tergantung jumlah penduduk. Banjar Tegeh dengan penduduk di bawah 500 jiwa jatahnya 1 orang, penduduk antara 500 jiwa-1.000 jiwa dapat 2 kuota. “Sebanyak tujuh orang peraih suara tertinggi ditetapkan sebagai anggota BPD,” jelas Wayan Suara Arsana, Jumat (16/10).

Dijelaskan, Desa Amerta Bhuana dapat 7 kuota BPD karena penduduknya di bawah 4.000 jiwa. Bagi desa dengan penduduk di atas 4.000 jiwa anggota BPD 11 orang. “Nanti ada jatah untuk perempuan di Banjar Sukaluwih. Calon anggota itu atas nama Ni Ketut Ariati,” jelas Wayan Suara Arsana. Pemilihan anggota BPD dengan coblos gambar untuk membiasakan masyarakat memilih figur yang diinginkan sebagai calon pemimpin di desa. Pemegang hak suara di Desa Amerta Bhuana sebanyak 2.600 pemilih. “Ini sekaligus ujicoba Pilkada Karangasem,” ungkap Wayan Suara Arsana.

Ketua BPD Desa Amerta Bhuana, I Nengah Sikiarta, mengaku kembali dicalonkan jadi anggota BPD dari Banjar Sukaluwih. “Saya kembali dipercaya jadi calon dan sekaligus lolos jadi anggota BPD Desa Amerta Bhuana. Dari Banjar Sukaluwih muncul 2 calon, jatahnya 2 orang, otomatis lolos,” kata I Nengah Sikiarta. Bagaimana peluang terpilih jadi Ketua BPD Desa Amerta Bhuana lagi? “Itu tergantung hasil rapat anggota BPD setelah dilantik camat nantinya,” ungkap Kasek SMPN 1 Selat ini. *k16

loading...

Komentar