nusabali

Dua Siswa Kakak Adik dari Jembrana Lolos ke KSN–SD Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-dua-siswa-kakak-adik-dari-jembrana-lolos-ke-ksn-sd-tingkat-nasional

NEGARA, NusaBali
Dua murid sekolah dasar (SD) di Kabupaten Jembrana, Putu Satria Nugraha Darma Suta, 11, dan Kadek Putri Alicia Dwita Maharini, 10, berhasil lolos mengikuti Kompetisi Sains Nasional SD (KSN-SD) tingkat nasional tahun 2020.

Menariknya, kedua siswa SD yang terpilih mewakili Bali ke KSN-SD bidang Matematika ini berstatus kakak adik. Kakak adik yang sama-sama murid kelas VI di SDK Marsudirini Negara ini, merupakan anak dari pasangan suami istri, I Nyoman Sudarma Wiryawan dengan Ni Nyoman Rahayu Listya Dewi. Ayahnya, Sudarma Wiryawan merupakan anggota TNI berpangkat Mayor Czi yang kini bertugas di Ksatrian Praja Raksaka Kepaon, Denpasar, di bawah jajaran Kodam IX/Udayana. Sedangkan ibunya, Listya Dewi keseharian sebagai ibu rumah tangga (IRT).


Kakak adik ini memang tergolong anak yang pintar di kelasnya dan sudah langganan juara dalam ajang lomba sejenis di tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Satria Nugraha sejak duduk di kelas III SD telah berturut-turut menyandang juara lomba bidang matematika. Di antaranya, tercatat sebagai peraih medali perak dalam lomba matematika kelas V se-Jawa, Madura, dan Nusa Tenggara pada 15 Desember 2019, dan peraih medali perak kelas SD/MI Level III dalam ajang Olimpiade Matematika SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA se Jawa-Bali yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Program Studi  Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang, Jawa Timur.

Tidak hanya itu. Satria Nugraha yang lahir pada 1 Oktober 2009, juga mencatatkan namanya pada berbagai event bergengsi tingkat nasional hingga tingkat Asia Tenggara. Di antaranya sebagai Juara 2 Babak Penyisihan Kompetisi Matematika Nalaria Realistik se-Indonesia ke-14. Meraih predikat Gold Award dalam ajang Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) 2019. Gold Award dalam ajang Asia International Mathematical Olympiad Trial Round 2018 Indonesia. Serta Gold Award dalam ajang Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) Heat Round 2019, dan sederet prestasi lainnya.

Demikian pula Kadek Putri Alicia Dwita Maharini. Siswi kelahiran 23 Agustus 2010 ini, juga memiliki prestasi yang tidak jauh berbeda dengan sang kakak. Semenjak duduk di bangku kelas III SD, Putri Alicia sudah langganan juara. Mulai dari juara 1 dalam ajang Primagama Mencari Juara MIPA 2017, juara 1 Lomba Matematika Elite Competition 2018. Meraih Gold Award dalam ajang TIMO, Gold Award dalam ajang Asia International Mathematical Olympiad Trial Round 2018 Indonesia. Silver Award dalam ajang HKIMO tahun 2018. Bronze Award dalam ajang International Singapore Maths Competition 2019, dan berbagai prestasi lainnya.

“Memang sudah sering mengikuti lomba barbarengan. Beberapa kali, juga sama-sama dapat juara. Kami sebagai orangtua, selalu mendukung. Kebetulan mereka senang dengan matematika. Setiap ada lomba, kalau anak-anak tertarik, kami ikutkan. Dan KSN tahun ini, kedua anak kami sama-sama maju ke KSN tingkat nasional,” ujar Listya Dewi, saat dihubungi NusaBali, Selasa (13/10).

Dalam mengikuti lomba KSN tingkat nasional nanti, Listya Dewi mengaku, tetap memberikan bimbingan seperti biasa kepada kedua anaknya. Tidak ada persiapan khusus. “Paling kami minta tetap belajar. Apalagi sekarang pandemi Covid-19, anak-anak belajar dari rumah. Kebetulan saya memang keseharian ngurus anak, ya tetap mendukung anak-anak. Memberi latihan-latihan soal, dan mensupport biar siap sebelum mengikuti lomba nanti,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Jembrana Ni Nengah Wartini melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) I Nyoman Wenten, mengatakan kedua siswa berprestasi dari Jembrana ini lolos ke KSN-SD tingkat nasional setelah lolos seleksi KSN-SD tingkat Provinsi Bali. Seleksi KSN-SD tingkat Provinsi Bali diselenggarakan pada 7–9 Oktober 2020. “KSN tingkat provinsi tahun ini, dilakukan secara daring, karena situasi pandemi Covid-19, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sesuai jadwal yang ditetapkan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, sambung Wenten, ajang KSN tingkat nasional tahun ini, juga akan dilaksanakan secara daring mulai 31 Oktober hingga 5 November 2020. “Semoga dalam ajang KSN tingkat nasional nanti, Putu Satria Nugraha Darma Suta dan Kadek Putri Alicia Dwita Maharani bisa sukses meraih prestasi. Dan mengharumkan nama Kabupaten Jembrana di tingkat nasional,” harap Wenten. *ode

loading...

Komentar