nusabali

Renovasi Terminal Mengwi Ditarget Rampung Desember 2020

  • www.nusabali.com-renovasi-terminal-mengwi-ditarget-rampung-desember-2020

MANGUPURA, NusaBali
Proyek renovasi Terminal Mengwi di Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Badung, masih berlangsung.

Proyek yang dibiayai pemerintah pusat ini ditarget rampung pada Desember 2020 atau sebelum Natal dan Tahun Baru (Nataru). “Karena suasana Nataru, kami berharap di awal atau pertengahan Desember 2020 sudah selesai. Dengan begitu penumpang sudah bisa menikmati pelayanan baru di Terminal Mengwi,” kata Koordinator Terminal Mengwi I Putu Bagus Mudita, Senin (5/10).

Desain wajah baru Terminal Mengwi, lanjut Mudita, dibuat secara modern tak ubahnya seperti di bandara. Harapannya para penumpang nyaman saat sedang menunggu keberangkatan bus atau sebaliknya saat penumpang baru tiba di terminal bertipe A satu-satunya di Bali ini.

“Jadi nanti penumpang yang masuk ke dalam terminal keberangkatan harus lah memperlihatkan tiket, baru bisa masuk. Bagi yang mengantar dan menjemput juga sudah ada tempat tersendiri,” tuturnya.

Namun Mudita menyatakan tidak mengetahui progres renovasi Terminal Mengwi. Karena proyek langsung di bawah pemerintah pusat. “Terkait pengerjaan sudah berapa persen, itu kewenangan dari pusat,” kata Mudita.

“Yang pasti, kami di sini memastikan pengerjaan tidak mengganggu aktivitas di terminal, sehingga sampai saat ini Terminal Mengwi beroperasi seperti biasanya,” imbuhnya.

Sekadar mengingatkan, Terminal Mengwi direnovasi lebih modern dari yang sekarang. Proyek didanai pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Pengerjaan renovasi bangunan dilakukan selama dua tahun ke depan atau pada 2020 sampai dengan 2021.

Proyek renovasiTerminal Mengwi itu dikerjakan bertahap, yakni tahun 2020 direalisasikan anggaran sebesar Rp 15 miliar dan tahun 2021 sisanya sebesar Rp 20 miliar.

Pada 2020, renovasi Terminal Mengwi meliputi beberapa bagian seperti lobi, bagian AKAP, parkir, dan pembuatan pintu keluar terminal. Untuk pintu keluar akan dilengkapi candi bentar atau gapura layaknya pintu masuk. Ukurannya pun hampir sama. Sehingga kendaraan, khususnya bus bisa leluasa melintas. *asa

Komentar