nusabali

Pol PP Badung Berangus Puluhan Baliho Kadaluwarsa

  • www.nusabali.com-pol-pp-badung-berangus-puluhan-baliho-kadaluwarsa

MANGUPURA, NusaBali
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung menurunkan puluhan baliho dan sejenisnya, Jumat (2/10).

Hal ini dilakukan lantaran baliho dan sejenisnya itu telah kadaluwarsa seperti ucapan hari raya. Baliho berisi alat peraga sosialisasi (APS) pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) pun ikut dibongkar atas rekomendasi Bawaslu Badung.

“Dari enam kecamatan, kami baru melakukan penurunan baliho dan APS di tiga kecamatan saja, yakni Kecamatan Kuta Selatan, Kecamatan Kuta Utara, dan Kecamatan Mengwi. Besok (hari ini) rencana kita lanjutkan lagi melakukan penyisiran termasuk di tiga kecamatan yang belum, yakni Kecamatan Kuta, Kecamatan Abiansemal dan Kecamatan Petang,” kata Kasat Pol PP Badung, IGAK Suryanegara.

Dalam menurunkan baliho dan APS tersebut Satpol PP tak sendiri, melainkan turut serta dari jajaran Bawaslu Badung, Panwascam dan TNI/Polri. “Sebagian baliho yang diturunkan merupakan APS dan itu pun merupakan rekomendasi Bawaslu. Jadi, tadi Bawaslu pun ikut mendampingi di lapangan,” imbuh Suryanegara.

Berdasarkan data dari Satpol PP Badung, baliho dan APS yang diturunkan di tiga kecamatan tersebut, yakni 26 baliho dan 5 spanduk. “Jumlah bisa saja terus bertambah karena penyisiran akan kami lakukan hingga Kamis (8/10) depan,” tandas mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Badung itu.

Diberitakan sebelumnya, Satpol PP Badung menerima rekomendasi penurunan APS paslon tertentu. Sesuai yang direkomendasikan Bawaslu Badung total spanduk dan baliho yang bakal diturunkan mencapai 387 buah se-Kabupaten Badung. Perinciannya, Kecamatan Mengwi 134, Kecamatan Abiansemal 94 buah, Kecamatan Kuta Selatan 63 buah, Kecamatan Petang 57 buah, Kecamatan Kuta Utara 27 buah, dan Kecamatan Kuta 12 buah.

Koordinator Divisi Pemgawasan, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Badung, I Gusti Ngurah Bagus Cahya Sasmita, membenarkan menemukan ratusan alat peraga sosialisasi yang tersebar di seluruh kecamatan di Badung. Temuan itu, kata dia, kini sudah direkomendasikan ke Satpol PP untuk diturunkan. “Total ada 387 buah, terdiri dari baliho, spanduk dan yang lain,” ungkapnya.

Menurutnya, jenis baliho dan spanduk berisi sosialisasi pasangan calon itu beragam. Mulai dari paslon I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa (Giri-Asa) maupun ke I Gusti Ngurah Agung Diatmika dan I Wayan Muntra (Diatmika-Muntra) yang urung mendaftar ke KPU Badung lantaran tidak memiliki kendaraan politik. Ada juga dukungan tertentu seperti dari partai politik maupun tokoh partai. *asa

Komentar