nusabali

Krama Umaanyar Gelar Karya di Pura Tirta Tadah Uwuk

  • www.nusabali.com-krama-umaanyar-gelar-karya-di-pura-tirta-tadah-uwuk

SEMARAPURA, NusaBali
Krama Desa Adat Umaanyar, Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, menggelar Karya Mecaru Rsi Gana lan Melaspas di Pura Tirta Tadah Uwuk pada Purnama Kapat, Wraspati Kliwon Langkir, Kamis (1/10) siang.

Upacara dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Karya juga serangkaian Pujawali di pura setempat.  Upacara dipuput Ida Pedanda Putra Manuaba dari Griya Manuaba, Desa Nyalian, Klungkung. Pura Tirta Tadah Uwuk berada di sebuah lembah diapit tebing di sisi timur dan barat. Di pura ini terdapat sumber mata air yang mengalir jernih sepanjang waktu. Krama menjadikan tempat suci ini untuk malukat. Krama yang malukat baik dari desa setempat maupun luar wilayah. Pamedek yang ingin tangkil ke pura ini harus menyusuri anak tangga dari lokasi parkir ke bawah kurang lebih 100 meter.

Bupati Suwirta berharap kesadaran maupun ketaatan krama dalam menjaga protokol kesehatan (prokes) dalam penyelenggaran upacara. Seperti, menjaga jarak antar krama, dan memakai masker yang baik dan benar. "Ketika sedang menyelenggarakan upacara yadnya mari taati protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya," harap Bupati Suwirta.

Hadir, anggota DPRD Klungkung Dapil Banjarangkan Sang Nyoman Putrayasa, Bendesa Adat Umaanyar I Nengah Suparta serta krama setempat. Prosesi karya dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. *wan

Komentar