nusabali

Pilkada Bangli, Kapolres Ingatkan Anggota Jaga Netralitas

  • www.nusabali.com-pilkada-bangli-kapolres-ingatkan-anggota-jaga-netralitas

BANGLI, NusaBali
Tahapan Pilkada Bangli 2020 sudah dimulai. Dalam pelaksanaan, jajaran Polres Bangli diingatkan untuk menjaga netralitas.

Bila ada yang ketahuan melanggar akan ditindak tegas. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, saat memimpin apel di Lapangan Mapolres Bangli, Senin (28/9).
AKBP Gusti Agung Dhana mengatakan meskipun memiliki kenalan atau ada hubungan keluarga, sebagai anggota Polri harus tetap menjaga netralitas dan tidak boleh memihak. "Kepada seluruh anggota agar tidak terlibat dalam politik praktis," tegasnya.

Ditegaskan pula, jika ditemukan ada anggotanya yang melanggar maka akan ditindak tegas dan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku. "Bagi yang melanggar tentunya ditindak sesuai kode etik profesi," sambungnya. Selain menekankan netralitas anggota dalam pelaksanaan Pilkada, Kapolres asal Tabanan ini juga mensosialisasikan kembali Peraturan KPU nomor 13 tahun 2020.

Dalam PKPU No 13 ini diatur tentang pelaksanaan Pilkada saat ini berbeda dari yang sebelumnya dikarenakan adanya pandemi Covid-19 sehingga ada hal-hal dalam pelaksanaan kampanye yang dibatasi. "Sudah tidak ada lagi kampanye terbuka yang melibatkan banyak orang, yang ada kampanye tertutup dan itupun dibatasi maksimal 50 orang," terangnya.

Lebih lanjut disampaikan, dalam pelaksanaan kampanye tertutup peserta terbatas, kemudian bila ditemukan peserta melebihi ketentuan maka kegiatan langsung dibubarkan. "Jika melebihi kapasitas kegiatan tersebut dapat dibubarkan sesuai mekanisme yang telah ditentukan," tegas AKBP Gusti Agung Dhana. *esa

loading...

Komentar