nusabali

Hampir 4 Pekan Operasi Masker, Aparat Jaring 174 Pelanggar

  • www.nusabali.com-hampir-4-pekan-operasi-masker-aparat-jaring-174-pelanggar

NEGARA, NusaBali
Lonjakan kasus positf di setiap daerah belum membuat masyarakat kompak mentaati protokol kesehatan (prokes), terutama pemakaian masker.

Selama hampir empat pekan melaksanakan operasi tertib pemakaian masker, sejak Senin (7/9) hingga Jumat (25/9), jajaran Satpol PP Jembrana bersama TNI/Polri menjaring 174 pelanggar.  Dari operasi belakangan ini, jumlah pelanggar yang tidak pakai masker sudah jauh menurun. Tetapi masih banyak pelanggar yang salah menggunakan masker. Sesuai data di Satpol PP Jembrana, dari 174 pelanggar itu, ada 15 pelanggar yang dikenakan sanksi denda, dan 159 pelangar lainya diberikan pembinaan. Pelanggar yang didenda itu, dikhususkan untuk pelanggar yang tidak bawa masker. Sedangkan pelanggar yang tidak menggunakan masker dengan benar, diberikan pembinaan atau teguran.

Kepala Satpol PP Jembrana I Made Leo Agus Jaya mengatakan, untuk kegiatan operasi tertib masker, rutin dijalankan setiap hari. Bahkan, operasi tertib masker yang sebelumnya dua kali sehari, belakangan ditingkatkan tiga sampai empat kali sehari. “Setiap hari, kami laksanakan operasi untuk edukasi masyarakat ini. Kita juga tingkatkan operasi, karena belakangan ini, kasus positif Covid-19 terus meningkat,” ujarnya.

Untuk lokasi operasi, sambung Leo, menyasar tempat-tempat umum. Terutama di jalan-jalan seputaran Kota Negara. Di samping operasi di jalan, juga dilaksanakan operasi keliling, seperti setiap malam minggu untuk mengingat penggunaan masker yang baik dan benar. “Dari operasi belakangan ini, kita lihat masyarakat sudah bawa makser. Cuman pemakainnya yang belum tertib. Ada yang pakai masker di dagu. Terus ada bawa masker, tetapi tidak dipakai. Ini yang masih kurang,” ucapnya.

Leo menambahkan, operasi tertib masker ini, bukannya mencari-cari pelanggaran. Namun tujuan utamanya, adalah meningkatkan disiplin protokol kesehatan, dan saling melindungi di masa pandemi Covid-19 ini. “Yang kami harapkan, kesadaran saling melindungi. Ini juga demi kebaikan bersama,” ujar Leo, yang juga menjadwalkan operasi tertib masker saat Hari Raya Kuningan, Sabtu (26/9) hari ini.*ode

Komentar