nusabali

Baris Jangkang 1.000 Penari Gladi Pembukaan NPF

  • www.nusabali.com-baris-jangkang-1000-penari-gladi-pembukaan-npf

Pesta tahunan Nusa Penida Festival (NPF) III 2016 akan dibuka resmi, Jumat (7/10) siang ini pukul 14.30 wita.

SEMARAPURA, NusaBali
Sehari sebelum pembukaan, telah dilakukan acara gladi bersih di Pantai Nyuh, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Kamis (6/10) sore. Salah satu atraksi menarik saat gladi bersih kemarin adalah penampilan Tari Baris Jangkang 1.000 Penari.

Tari Baris Jangkang merupakan tarian sakral dari Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa penida. Biasanya, Tari Baris Jangkang dimainkan 9 penari, yang melambangkan konsep Nawasanga (9 arah mata angin). Tari Baris Jangkang selama ini hanya dipentaskan saat piodalan di Pura Kahyangan Tiga Desa Pakraman Pejukutan, sebagai wujud syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa atas keberlimpahan karunia-Nya.

Nah, dalam kegiatan NPF III 2016, Tari Baris Jangkan ditampilkan secara kolosan dengan melibatkan 1.000 penati untuk memeriahkan acara pembukaan, 7 Oktober 2016 ini. Mereka diambil dari pelajar laki-laki di kawasan seberang Nusa Penida. Rinciannya, 500 penari dari Desa Pejukukan dan 500 penari lainnya diambil dari kalangan siswa SMP dan SMA/SMK se-Nusa Penida. Para penari Tari Baris Jangkang sudah latihan sejak sebulan terakhir, dengan dipandu instruktur yang kompeten.

Saat acara gladi bersih pembukaan NPF III 2016 di pantai Nyuh, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Kamis sore, seribuan penari Taris Baris Jangkang berbaris rapi. Mereka mengkombinasikan gerakan-gerakan supaya berirama. “Ini baru pertama kali latihan pemantapan (gladi bersih) di pantai. Sebelumnya, latihan berlangsung di bale banjar atau sekolah. Sekarang kita padukan sesuai dengan posisi masing-masing,” ungkap Penata Tari NPF III 2016, Ni Komang Mulati, saat dikonfirmasi NusaBali per telepon, tadi malam.

Menurut Komang Mulati, karena jumlah penari yang dilibatkan dalam jumlah banyak yakni 1.000 orang, maka agak susah untuk menyamakan gerakan agar serasi. Kendati demikian, mereka sudah siap tampil prima saat acara pembukaan NPF III 2016, Jumat ini. “Kita sudah siap untuk pentas besok (hari ini),” tandas Komang Mulati.


SELANJUTNYA . . .

Komentar